10 KESALAHAN DALAM MENCUCI BOTOL BAYI


Kesehatan bayi dan balita memang rentan akan banyak penyakit yang menyerangnya. Salah satunya adalah penyakit diare yang merupakan salah satu penyakit yang paling mematikan. Banyaknya kasus bayi yang terkena penyakit diare yang membuat anak balita meninggal akibat diare. Kasus inilah yang membuat panyekit diare menjadi penyebab kematian terbesar kedua pada anak balita.

Salah satu faktor yang menjadi penyebab penyakit diare pada balita adalah salah satunya mencuci botol susu bayi yang dapat menyebabkan banyak virus dan kuman yang masih tertinggal di botol, dan pada akhirnya membuat bayi terserang penyakit. Nah supaya tidak salah dalam mencuci botol bayi, sebaiknya untuk menghindari kesalahan – kesalahan yang terjadi dalam mencuci botol susu bayi, seperti berikut ini :

1. Lupa Untuk Mencuci Tangan

Tangan merupakan salah satu faktor yang menjadi penyebab penyebaran bibit penyakit. Karena kuman – kuman yang melekat dan terbawa oleh tangan akan dapat berpindah ke botol susu bayi dan bisa jadi akan menyebabkan timbulnya penyakit bagi si kecil. 

2. Tidak Membersihkan Botol Secara Menyeluruh

Mungkin sebagian orang mungkin hanya berfokus untuk membersihkan bagian dalam botol dan dot, tapi melupakan bagian leher  botol atau gelang dot pada botol. Padahal saat membersihkan botol haruslah membersihkan semua keseluruhan. Botol bayi harus dilepas dan siberihkan satu per satu untuk menghilangkan semua kotoran yang melekat pada botol. 

3. Kurangnya Ketelatenan

Pada saat merendam botol dengan air panas saja tidak menjamin semua kuman dan bakteri yang melekat pada botol hilang. Walaupun secara kasat mata sudah terlihat bersih, namun bisa jadi ada bagian yang masih kurang bersih dan menjadi sarang kuman dan bakteri yang berkembang biak.


4. Mencuci Botol Tidak Menggunakan Air yang Mengalir

Jika hanya merendam botol dalam air tidak akan membuat seluruh kuman dan bakteri hilang dari botol. Yang ada hanya akan membuat kotoran itu menempel lagi. Harusnya botol juga perlu di bersihkan dengan air yang mengalir.

5. Merendam Botol Berlama – Lama Setelah Disterilisasi

Dengan melakukan kebiasaan ini akan membuat botol yang sudah di steril akan percuma, karena bakteri akan dapat menempel kembali pada botol. Sebaiknya setelah melakukan sterilisasi, harunya meniriskan botol susu tersebut dan mengeringkan dengan lap atau handuk bersih yang digunakan khusus untuk botol bayi. Kemudian menyimpan botol tersebut dalam wadah plastik yang bersih.

Nah, itulah beberapa kesalahan yang dilakukan dalam mencuci botol bayi. Pada saat mencuci botol sebaiknya pastikan untuk menghindari kesalahan – kesalahan tersebut. Sebab, jika hal itu terjadi dalam proses mencuci botol, maka virus , bakteri, kuman dan parasit yang terdapat dalam botol susu akan dapat membuat si kecil terserang penyakit.

Artikel Terkait

10 KESALAHAN DALAM MENCUCI BOTOL BAYI
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email