AKIBAT KEKURANGAN PROTEIN UNTUK TUBUH


Makanan yang sehat adalah makanan yang mengandung vitamin dan zat – zat yang dibutuhkan oleh tubuh untuk membuat tubuh menjadi selalu sehat dan organ – organ yang ada didalamnya dapat berfungsi dengan baik dan lancar. Jika tubuh sehat dan organ dalam tubuh juga dapat berfungsi dengan baik dan normal, tentu saja akan membuat seseorang nyaman untuk melakukan aktivitas sehari – harinya. Untuk memiliki tubuh sehat, tidak hanya cukup dengan olahraga saja. Namun juga perlunya mengkonsumsi makanan yang memiliki nutrisi baik untuk tubuh. hal ini dapat diperoleh dari makanan dan minuman yang dikonsumsi setiap hari.

Masing – masing makanan yang memiliki elemen 4 sehat dan 5 empurna memiliki kandungan zat – zat yang penting untuk tubuh, seperti karbohidrat yang terdapat dalam makanan pokok adalah protein yang terdapat dalam lauk pauk.

Manfaat protein untuk tubuh
Protein merupakan zat yang paling bermanfaat untuk kesehatan tubuh manusia. Sebagian besar protein merupakan enzim. Jenis protein yang lain juga ikut berperan dalam fungsi struktural maupun mekanis seperti protein yang membentuk batang dan juga membentuk sendi sitoskeleton. Protein berfungsi sebagai komponen penyimpanan dan juga dalam transportasi hara. Protein juga sebagai salah satu sumber gizi, berperan sebagai asam amino untuk organisme tertentu yang tidak dapat membentuk asam amino sendiri.

Banyaknya manfaat dan fungsi protein dalam tubuh. namun bagaimana jika tubuh tidak memiliki asupan protein yang cukup? Protein memang merupakan salah satu zat yang dibutuhkan oleh tubuh, sebaiknya tubuh memiliki asupan protein yang cukup. Tubuh yang memiliki asupan protein yang kurang maka akan kurang baik juga untuk kesehatan. Dan jika asupan protein dalam tubuh berlebih juga sama halnya tidak baik untuk tubuh.

Di bawah ini beberapa akibat dari kekurangan protein:

Kekurangan asupan jumlah protein yang kurang dalam tubuh akan membuat fungsi dari zat tersebut menjadi tidak maksimal untuk tubuh. 

1. Marasmus
Marasmus adalah penyakit gizi buruk yang biasanya dialami oleh bayi yang berusi dibawah satu tahun. Penyakit ini disebabkan oleh kurang nya asupan protein dan juga kekurangan asupan karbohidrat dalam tubuh. penyakit ini memiliki sifat yang berbahaya jika dibiarkan akan menjadi resiko yang fatal.

2. Kwashiorkor
Penyakit ini juga sama penyebabnya, yaitu kekurangan protein dalam tubuh. biasanya penyakit ini terjadi pada anak usia 1 sampai 3 tahun. Orang yang menderita penyakit ini akan terlihat normal dan tidak kurus.

3. Chacexia
Penyakit ini memicu penurunan berat badan, gagal ginjal, dan kanker.

4. Gagal Hati
Kekurangan protein akan menyebabkan kerusakan fungsi hati, karena sel  tidak mampu beregenerasi.

5. Apati
Penyakit apati adalah suatu keadaan yang menimbulkan emosi menjadi tumpul.

6. Edema
Penyakit edema merupakan penyakit yang sering diderita oleh manusia.  Hal ini disebabkan karena darah tidak memiliki cukup protein dan seseorang akan terserang gejala penyebab darah rendah.

7. Gangguan Otak
Tubuh yang memiliki asupan protein yang kurang akan menyebabkan kecepatan berfikir seseorang akan menjadi rendah.

8. Penyakit Jantung
Jika asupan protein dalam tubuh kurang maka denyut jantung juga sangat rendah.

9. Rambut Rontok
Kekurangan protein juga menyebabkan rambut mengalami kerontokan. Jika hal ini terjadi secara terus meneus maka akan terjadi kebotakan.

10. Kelelahan
Asupan protein yang kurang akan membuat jaringan otot mengalami kelelahan dan rusak, sehingga tidak dapat beregenerasi.

Artikel Terkait

AKIBAT KEKURANGAN PROTEIN UNTUK TUBUH
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email