BAHAYA MENGKONSUMSI ES BATU SETIAP HARI


Kebanyakan orang sering kali mengkonsumsi minuman yang bercampur es batu setelah makan makan siang atau pun makan malam. Apalagi jika makanan yang dikonsumsi adalah makanan pedas. Dengan mengkonsumsi minuman dingin dianggap sebagai minuman yang segar untuk meredakan rasa pedas di mulut. Kebanyakan orang Indonesia sangat gemar untuk mengkonsumsi minuman yang dicampur dengan es batu. Mengkonsumsi minuman dingin yang dicampur dengan es batu ternyata memiliki bebrapa dampak buruk untuk kesehatan. Apalagi jika hal ini dilakuakn setiap hari dan terus menerus. Akan menimbulkan resiko kesehatan yang tak diduga. 

Berikut resiko yang ditimbulkan mengkonsumsi es batu secara terus – menerus :


1. Mengganggu metabolisme dalam tubuh

Mengkonsumsi es batu setiap hari dapat mengganggu metabolisme dalam tubuh dan menghambat pembakaran lemak yang terdapat dalam tubuh. dengan mengkonsumsi es batu akan membuat lemak yang ada dalam aliran darah menjadi beku. Akibatnya darah terganggu proses pembakaran lemak dan metabolisme tubuh juga terganggu.


2. Dapat menyebabkan perut buncit

Mengkonsumsi air es setelah makan dapat membuat usus dalam perut akan sempit. Penyempitan usus tersebut dapat menghambat kinerja dalam mencerna makanan yang masuk dalam tubuh. dan akibatnya perut menjadi buncit.

3. Dapat menyebabkan pusing

Jika kamu mengkonsumsi es batu setelah olahraga dan cuaca sangat panas maka yang akan terjadi adalah proses pembakaran lemak dalam tubuh dan otot dalam tubuh menjadi tegang. Dan pada saat meminum es tersebut tubuh akan mengalami perubahan suhu yang signifikan, karena antara suhu dalam tubuh dan suhu es tidak sepadan. Kemudian terjadilah pengejangan otot dan jantung. Hal ini akan membuat proses pemompaan darah terganggu dan membuat kepala menjadi sering pusing.

4. Merusak gigi

Mengkonsumsi es batu dengan mengunyah akan dapat merusak gigi, karena pada saat gigi  memecahkan es batu tersebut gigi berusahan memecahkan substansi yang keras. Dan mengakibatkan gigi menjadi cepat rusak.

5. Mengandung bakteri yang berbahaya bagi tubuh

Es batu mengandung bakteri berbahaya jika es batu tersebut terbuat dari air mentah. Pada beberapa kasus, pedagang minuman dingin sering menggunakan es batu yang terbuat dari air mentah untuk campuran minuman yang mereka jual. Jika tubuh mengkonsumsi es batu yang terbuat dari air mentah akan memungkinkan tubuh terkena berbagai penyakit. Karena air mentah menganding bakteri yang berbahaya bagi tubuh, salah satunya adalah bakteri Ecoli yang dapat menyebabkan diare.


Cara Tepat mengkonsumsi Es Batu

Agar kita dapat terhindar dari berbagai bahaya mengkonsumsi es batu, maka sebaiknya anda menyimak saran untuk mengkonsumsi es batu:

- Lebih baik jangan mengkonsumsi es batu sekedarnya saja dan jangan dianjurkan untuk setiap hari. 
- Mengkonsumsi es batu dengan mencampurkannya dengan air
- Pastikan es batu terbuat dari air matang

Artikel Terkait

BAHAYA MENGKONSUMSI ES BATU SETIAP HARI
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email