MAKANAN YANG CEPAT MENYEMBUHKAN LUKA OPERASI


Setiap orang yang baru melakukan operasi, pasti telah meninggalkan bekas luka yang membutuhkan waktu beberapa lama untuk hilang. Pada kondisi yang normal luka setelah operasi bisa sembuh dalam waktu enam minggu. Meskipun begitu luka operasi membutuhkan perawatan yang tidak boleh sembarangan jika ingin mempercepat keseembuhannya.

Setelah melakukan beberapa perawatan luka pasca operasi. Sebaiknya juga untuk mengkonsumsi beberapa makanan untuk mempercepat kesembuhan luka. Berikut ini beberapa makanan yang dapat mempercepat penyembuhan luka pasca operasi :

Makanan yang mengandung Flavonoid


1. Blueberry

Buah ini mengandung flavonoid yang tinggi dan baik untuk tubuh. selain itu bluberry juga merupakan makanan yang mengandung antioksidan tinggi yang mampu melindungi otak dari penyakit alzheimer. Selain itu blueberry juga mengandung antioksidan tinggi yang mampu melindungi otak dari penyakit alzheimer.

2. Teh Hijau

Green tea adalah salah satu jenis the yang mengandung flavonoid. Teh hijau ini mampu membantu menyembuhkan luka setelah operasi. Selain itu, the hijau juga mengandung polyphenol yang mampu mencegah inflamasi dan kanker.


3. Cokelat

Cokelat mengandung flavonoid yang cukup untuk membantu penyembuhan luka. Dalam cokelat juga terdapat zat yang mampu membuat mood seseorang lebih baik. 

4. Bilberry

Bilberry juga merupakan salah satu buah yang memiliki kandungan flavonoid yang cukup untuk tubuh. 

5. Brokoli

Brokoli merupakan salah satu sayuran yang memiliki kandungan flavonoid yang tinggi. dengan rutin mengkonsumsi brokoli mampu membantu dalam penyembuhan luka.

6. Paprika dan bayam

Kedua sayuran ini mengandung flavonoid yang sangat baik untuk tubuh. selain kandungan flavonoid , sayuran tersebut juga banyak mengandung vitamin yang baik untuk kesehatan tubuh.


 Makanan yang kaya vitamin A


1. Wortel

Wortel memang jenis sayuran yang memiliki kandungan vitamin A yang cukup tinggi dan baik untuk tubuh. dan baik untuk proses penyembuhan luka.

2. Cabai Merah

Cabai merah juga merupakan salah satu sayuran yang mengandung banyak sekali vitamin A. namun dalam mengkonsumsinya tidak dianjurkan secara berlebihan. 

3. Sereal

Sereal yang berbahan dasar jagung kuning dan gandum yang mengandung banyak vitamin A yang baik untuk tubuh dan baik untuk penyembuhan luka.

4. Hati Sapi

Hati sapi memiliki kandungan vitamin yang cukup baik untuk tubuh. hal ini baik untuk membantu penyembuhan luka.

5. Olahan Susu

Berbagai macam olahan susu memiliki kandungan vitamin A yang baik untuk tubuh.


 Makanan yang mengandung Zinc yang berlimpah


1. Dark Chocholate

Dark chocolate mengandung zinc yang baik untuk tubuh

2. Kepiting

Hampir semua makanan laut mengandung zinc. Dan makanan laut yang memiliki kandungan zinc yang melimpah adalah kepiting

3. Jamur

Jamur memiliki banyak kandungan mineral yang penting dan baik untuk tubuh. namun selain mineral, jamur juga mengandung zinc yang berlimpah.

Artikel Terkait

MAKANAN YANG CEPAT MENYEMBUHKAN LUKA OPERASI
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email