MANFAAT TAUGE UNTUK KESEHATAN TUBUH


Tauge merupakan jenis sayuran yang tumbuh dari proses pertumbuhan kacang hijau. Sebenarnya tauge ini adalah kecambah dari kacang hijau. Namun kacang hijau yang sudah memiliki tunas sehingga si sebut sebagai tauge. Ternyata tauge memiliki manfaat yang menakjubkan untuk kesehatan tubuh. bisa dikatakan manfaat tauge lebih banyak di bandingkan dengan kacang hijau itu sendiri. Tidak heran memang jika tauge banyak di gemari oleh berbagai kalangan dan bahkan dijadikan sebagai sayuran tambahan pada menu makanan.

Tauge sendiri memiliki kandungan Vitamin B. vitamin E dan antioksidan yang sangat tinggi dan sangat baik untuk kesehatan tubuh anda. Selain itu, tauge juga memiliki kandungan serat dan air yang sangat tinggi dalam tauge, hampir semua kandungan yang ada dalam tauge adalah air. tauge juga memiliki kandungan nutrisi yang sudah ada sejak tauge masih berupa kacang – kacangan. 

Namun dalam proses menjadi kecambah ternyata kandungan nutrisinya semakin meningkat dan bertambah berkali lipat dari sebelumnya.Sebenarnya adap saja manfaat tauge untuk kesehatan tubuh, berikut ini akan di jelaskan manfaat baik tauge untuk tubuh :

1. Tauge kaya akan kandungan vitamin E

Tauge memiliki kandungan vitamin E yang cukup tinggi dan bermanfaat untuk kesuburan terutama pada laki – laki. Kandungan vitamin E ini akan mampu memperbaiki fungsi sperma yang akan membuat pergerakan atau pun jumlah sperma menjadi optimal. Selain itu juga, kandungan vitaminE juga bermanfaat untuk kesehatan kulit dan membuat kulit menjadi lebih mulus dan bersih.

2. Memiliki kandungan Antioksidan

Kandungan antioksidan dalam tauge bisa menangkal radikal bebas yang terdapat dalam tubuh, terutama dalam rahim seorang wanita. Sehingga tauge ini sangat baik untuk di konsumsi wanita dan juga bermanfaat bagi kesuburan wanita. Dinding rahim yang tidak terdapat radikal bebas akan menjadi tempat yang baik dan mencukupi kebutuhan nutrisi untuk perlekatan hasil pembuahan.

3. Kandungan vitamin B yang cukup tinggi

Vitamin B kompleks dalam tauge bermanfaat dalam membantu berbagai proses metabolisme dalam tubuh. karena dengan vitamin B ini akan membantu enzim dalam metabolisme tubuh. selain itu juga vitamin B baik untuk memperbaiki syaraf – syaraf tubuh yang rusak.

4. Memiliki kandungan serat dan air yang tinggi

Kandungan serat dan air yang tinggi dalam tauge bisa  membantu sistem pencernaan dalam mengeluarkan kotoran. Dengan pengeluaran kotoran yang lancar  akan mencegah terjadinya penumpukan racun dalam tubuh dan radikal bebas dalam usus besar sehingga bisa menurunkan resiko terjadinya kanker usus.

Selain itu, tauge juga memiliki kandungan saponin yang bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol darah. Saponin dalam tauge bisa menurunkan kadar kolesterol jahat tanpa mengurangi kadar kolesterol baik. Hal ini sangat cocok untuk orang – orang yang memiliki penyakit kolesterol.

Artikel Terkait

MANFAAT TAUGE UNTUK KESEHATAN TUBUH
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email