MENGENALI GEJALA DAN PENYEBAB KANKER PADA ANAK YANG SERING DIABAIKAN


Penyakit kanker merupakan salah satu penyakit yang mematikan yang ditakuti oleh hampir setiap orang. Perlu kita ketahui, saat ini kanker tidak hanya beresiko pada orang – orang dewasa saja. Beberapa penelitian menemukan bahwa anak – anak rentan juga akan penyakit kanker. hal ini terbukti dengan semakin banyaknya jumlah penderita kanker yang masih berusia anak – anak. 

Ada 3 jenis kanker yang paling umum diderita oleh anak –anak. Namun hal ini sangat disayangkan jika orangtua sering mengabaikan gejala kanker pada anak dan menganggapnya hanya sebagai sakit umum. Sebenarnya apa saja kanker tersebut, apa penyebabnya dan bagaimana gejalanya? 

Jenis kanker yang beresiko pada anak

Dalam berbagai kasus anak – anak memang lebih rentan terhadap beberapa jenis kanker, antara lain adalah kanker darah atau bisa disebut dengan leukimia, kanker yang menyerang sistem kekebalan tubuh dan tumor ganas. Tumor ganas sendiri biasanya menyerang pada tulang, otak, hati, mata jantung dan pusat saraf serta sel jaringan dalam tubuh. walaupun jumlah penderita kanker pada anak tidak banyak jumlah penderita kanker pada orang dewasa, dari hasil penelitian menyebutkan jika jumlah kanker yang terjadi pada anak setiap tahunnya meningkat.

Jika kanker pada anak bisa terdeteksi sejak dini, beberapa penelitian mengatakan bahwa penyakit ini bisa disembuhkan. Walaupun penderita kanker pada anak tidak sepenuhnya bisa sembuh total, namun jika kanker bisa diketahui sejak dini maka penderita bisa lebih baik, dan perlu adanya dukungan yang penuh dari orang – orang terdekatnya. Membuat para penderita kanker terutama anak untuk tetao bahagia setidaknya akan membuat anak menjadi lebih kuat untuk menjalani hidup.

Waspada gejala kanker pada anak

Gejala kanker yang terjadi pada anak memang sulit untuk terdeteksi dan mungkin sering kali diabaikan. Namun, ketika anak mengalami bengkak pada tubuhnya tanpa ada penyebab yang jelas, anak mengalami nyeri tubuh, panas atau flu yang tak kunjung sembuh, luka tubuh tanpa penyebab yang jelas, penurunan berat badan yang cepat, kurangnya nafsu makan pada anak dan sering mengeluh sakit. Hal – hal tersebut bisa jadi menjadi salah satu gejala adanya penyakit kanker.

Tidak hanya itu saja, ketika anak kemungkinan besar beresiko kanker darah, anak akan mengalami pendarahan pada tubuhnya. Anak juga akan menjadi lemah. Jika mengalami gejala – gejala ini, sebaiknya untuk memastikan bagaimana kondisi kesehatan anak yang sebenarnya orangtua membawa anak untuk berperiksa ke dokter. Dengan mendeteksi penyakit anak sejak dini, pengobatan terbaik dapat dilakuakn sejak dini sebelum penyakit tersebut semakin parah.

Apa penyebab penyakit kanker pada anak?

Dari hasil beberapa penelitian menemukan bahwa penderita kanker pada anak memiliki keluarga yang memiliki riwayat kanker. gen yang diwariskan pada anak akan membawa sel kanker pada tubuh anaknya dan inilah yang dipercaya sebagai salah satu penyebab munculnya kanker pada anak. Namun gen tidak selalu menjadi penyebab utama dari penyakit kanker. selain itu pola hidup yang tidak sehat, mengkonsumsi makanan dan keperluan sehari – hari yang mengandung pestisida serta berbagai bahan kimia lainnya juga menjadi salah satu penyebab kanker pada anak.

Artikel Terkait

MENGENALI GEJALA DAN PENYEBAB KANKER PADA ANAK YANG SERING DIABAIKAN
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email