PEMILIHAN OBAT YANG TEPAT UNTUK SI KECIL


Setiap orangtua pasti akan merasa khawatir jika melihat anaknya jatuh sakit. Anak yang tiba – tiba demam tentu membuat Bunda merasa resah dan langsung memberikan makanan, obat serta apapun yang bisa membuat si kecil merasa tenang dan bisa segera sembuh dari sakitnya.

Bunda dalam memilih obat untuk si kecil terutama untuk usia bayi dan balita, perlu hati – hati agar tidak salah dalam memberi obat untuk pertolongan pertamanya. Nah berikut ini ada beberapa tips dan panduan dalam memilih obat yang sesuai untuk si kecil saat sakit demam, batuk, dan pilek.

  • Bunda perlu mengetahui dan mengingat bahwa aspirin bisa menjadi hal yang berbahaya saat diberikan pada anak yang menderita sakit karena infeksi virus. Memberikan aspirin pada anak yang terinfeksi virus dapat menyebabkan sebuah gangguan yang disebut dengan Sindrom Reye. Maka dari itu, bunda harus menghindari penggunaan aspirin untuk si kecil kecuali atas saran dokter.


  • Antihistamin kadang bisa menjadi pilihan yang sulit. Antihistamin biasanya terdapat dalam obat batuk dan pilek untuk meredakan batuk dan bersin, selain itu antihistamin juga biasanya digunakan untuk meredakan reaksi alergi. Oleh karena itu, Bunda harus berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu untuk mengetahui seberapa besar dosis yang tepat untuk mengobati batuk dan pilek pada anak.


  • Label yang tertera pada obat menggunakan berat badan rata – rata untuk menentukan dosis obat yang tepat untuk anak. Apabila si kecil memiliki berat badan yang lebih besar ataupun lebih kecil, maka yang perlu dilakukan oleh Bunda adalah memberikan dosis yang lebih besar atau lebih kecil dari yang telah ditentukan. Bunda juga bisa mengunjungi dokter untuk mengkonsultasikan hal ini.


  • Bunda mungkin ingin segera sembuh dari sakitnya, dengan memberikannya obat untuk anak. Namun jika anda ragu untuk memberikan obat apa yang tepat dan berapa dosis yang dibutuhkan anak, sebaiknya Bunda bertanya terlebih dahulu pada dokter anak mengenai hal tersebut. Setelah bertanya dan belajar tentang apa yang harus dilakukan, pasti bunda lebih mampu untuk menghadapi si kecil jika tiba – tiba jatuh sakit.


  • Hal penting yang harus bunda lakukan sebelum memberikan obat pada anak adalah dengan membaca dulu label dan intruksi yang tertera pada setiap obat. Jika pada label tertulis obat hanya untuk anak yang berusia diatas 4 tahun, maka jangan memberikan obat tersebut jika si umur si kecil belum mencapai 4 tahun. Berikan juga dosis yang tepat dan sesuai dengan aturan yang tertera pada label obat.


Nah jika bunda sudah mengetahui semua tips - tips tersebut. Maka bunda akan lebih siap untuk menghadapi si kecil jika terserang demam, pilek maupun batuk. Semoga tips diatas bermanfaat untuk membantu bunda dalam mengatasi masalah si kecil.

Artikel Terkait

PEMILIHAN OBAT YANG TEPAT UNTUK SI KECIL
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email