Ciri-Ciri Kanker Kulit dan Gejalanya

Mengenali Ciri-Ciri dan Gejala Kanker Kulit - Kanker kulit adalah penyakit yang sangat berbahaya untuk manusia. Karena kebanyakan orang yang mengidap kanker kulit akan sulit di sembuhkan jika sudah terkena penyakit ini. Kanker kulit merupakan penyakit yang di sebabkan karena tumbuhnya sel kanker yang tidak wajar pada kulit. Jika hal ini dibiarkan tanpa adanya penanganan medis yang baik sel kanker akan semakin menyebar ke seluruh jaringan organ tubuh. kanker ini biasanya sering terjadi di negara Amerika. Banyaknya masyarakat Amerika yang terinfeksi penyakit ini.


Ciri – ciri kanker kulit

Kulit merupakan bagian tubuh yang berfungsi sebagai pelindung tubuh dari berbagai macam gangguan misalnya saja seperti kehilangan cairan, bakteri dan benda – benda asing lainnya. Lapisan bagian luar kulit disebut epidermis, bagian kulit luar yang sering bersentuhan langsung dengan benda – benda yang ada di sekitar kita. Meskipun pada bagian ini mengalami regenerasi secara teratur, namun bagian ini sangat rentan mengalami kerusakan karena paparan sinar matahari, luka dan infeksi. 

Tipe-tipe Dari Kanker Kulit:


Actinis Keratosis

Actinis Keratosis adalah salah satu area kecil dengan warna merah muda yang terletak pada bagian kulit yang ter papar langsung oleh sinar matahari. Hal ini adalah tahap awal yang paling sering muncul dari penyakit kanker kulit dan bisa berkembang menjadi basal cell carcinoma pada seseorang yang menderita lebih dari satu jenis kanker kulit. Meskipun jarang, namun kondisi ini juga bisa menjadi awal munculnya kanker kulit yang disebut Squamous cell carcinoma. Kedua sel tersebut sangat lah mirip yang membuat para ahli terkadang salah dalam membedakan kedua sel tersebut.

Basa Cell Carcinoma

Sel ini terletak pada bagian terbawah lapisan epidermis. Kanker yang ada di bagian ini disebut dengan bacal cell carcinoma dan tipe ini memiliki banyak ragam jenis kanker kulit yang muncul. Biasanya area yang sering terkena kanker ini  adalah pada area leher dan kepala. Basal cell carcinoma merupakan jenis kanker kulit yang memiliki pertumbuhan yang lambat dan jarang menyebar ke are lain. Hal ini biasanya muncul pada kulit ditandai dengan adanya tonjolan merah muda pada kulit.

Squamous Cell Carcinoma

Squamous Cell Carcinoma bisa mempengaruhi sel yang ada di bagian tengah jaringan epidermis. Biasanya jenis ini lebih agresid dibanding dengan cell carcinoma. Memiliki wujud dengan warna merah dan terletak pada bagian yang terkena sinar matahari.misalnya saja pada area tangan, leher, bibir, telinga dan kepala.

Melanoma

Tipe ini jarang terjadi bila dibandingkan dengan jenis kanker kulit lainnya. Kanker jenis ini berdasarkan studi, merupakan jenis kanker yang paling berbahaya dan mematikan. Kanker jenis ini memiliki bentuk asimetris, batas yang tidak teratur, warna, diameter dan perubahan dari cekungan.

Artikel Terkait

Ciri-Ciri Kanker Kulit dan Gejalanya
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email