APA PENYEBAB ANAK MEMPEROLEH NILAI BURUK DI SEKOLAH


Seorang anak dianggap mengalami kesulitan belajar jika kemampuan mereka dalam membaca, menulis dan dalam mata pelajaran matematika lebih rendah dibandingkan dengan anak – anak usianya. Adanya perbedaan antara hasil akademis anak dengan rata – rata kemampuan optimalnya. Misalnya saja hasil tes IQ seorang anak menunjukkan angka 140 tapi di sekolah anak mengalami kesulitan untuk berkonsentrasi dan tergolong sebagai anak yang hiperaktif hingga selalu mendapatkan nilai buruk di sekolah. Sebenarnya ada dua penyebab anak kesulitan dalam belajar. Hal pertama adalah disebabkan karena faktor internal dan yang kedua adalah faktor eksternal. Faktor internal misalnya saja karena faktor fisik dan faktor psikis. Sedangkan faktor eksternal misalnya faktor keluarga dan faktor sekolah.

Faktor Internal


Faktor Fisik

Kecerdasan yang tidak sesuai dengan usia biologisnya, sistem saraf pusat yang belum matang, kurang gizai, gangguan sebelum kelahiran, penyakit epilepsi, stres pada saat ibu mengandung, konsumsi obat – obatan, rokok atau alkohol yang di konsumsi oleh ibu saat hamil, dan penyakit yang di derita ibu saat hamil. Selain itu penyebab lainnya misalnya gangguan perinatal pada saat proses persalinan yang lama dan sulit, infeksi otak karena virus atau bakteri dan kekurangan gizi.

Faktor Psikis

Faktor psikis misalnya saja karena anak mengalami trauma untuk belajar mungkin karena pernah dipaksa dengan tekanan dan kekerasan, gangguan membaca,berhitung dan menulis, kesulitan berkonsentrasi untuk memusatkan perhatian, gangguan kecemasan, dan stres setelah mengalami trauma.

Faktor Eksternal


Keluarga

faktor eksternal antara lain misalnya saja karena keluarga yang tidak harmonis dan sering bertengkar yang akan mengganggu perkembangan psikis anak, tidak ada teladan dari orang tua untuk menyuruh anak belajar, proses belajar di rumah yang tidak menyenangkan dan tidak konsisten dalam mengasuh anak.

Sekolah

Faktor eksternal selain keluarga adalah lingkungan sekolah. Antara lain karena kurikulum pelajaran yang tidak sesuai dengan kemampuan anak, suasana di sekolah yang tidak mendukung, cara guru mengajar yang tidak jelas atau bahkan adanya bullying dari teman sekolah.

Solusi untuk anak sulit belajar

Setiap anak mengalami kesulitan belajar yang berbeda – beda. Untuk mengatasi masalah ini anda dapat menyelidiki apa penyebab anak sulit belajar. Setelah anda tahu akar permasalahan yang terjadi pada anak, selanjutnya anda dapat mencari solusinya. Komunikasi dengan teman, anggota keluarga, pengasuh dapat dilakukan agar tercipta suasana yang nyaman dalam keluarga. 

Membicarakan bagaimana cara mengasuhnya dan pembiasaan belajar yang tepat untuk anak. Jika akar masalah di sekolah, orang tua dapat memberitahu masalah yang terjadi pada anak dan meminta bantuan guru untuk membantu dan memperhatikan kepada anak selama di sekolah. Dengan komunikasi yang baik akan membantu guru untuk berbicara secara terbuka tentang bagaimana sikap anak selama di sekolah. Yang terpenting adalah perhatian dan kasih sayang orang tua untuk anak.

Artikel Terkait

APA PENYEBAB ANAK MEMPEROLEH NILAI BURUK DI SEKOLAH
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email