Bahaya Mengkonsumsi Jengkol Berlebihan

Bahaya Mengkonsumsi Jengkol Berlebihan - Jengkol merupakan makanan yang memiliki biji keping dua dan juga memiliki bau yang khas. Masalah yang sering kali ada dalam jengkol adalah karena bau khas yang terdapat dalam jengkol pada saat dimakan dan baunya akan sampai pada bau urin yang dikeluarkan. Hal ini yang membuat orang merasa terganggu dengan bau jengkol. 


Selain bau khas dan rasanya yang lezat. Di dalam jengkol juga memiliki banyak kandungan nutrisi yang baik untuk kesehatan. Kandungan protein dalam jengkol terbilang cukup tinggi bahkan melampaui protein yang ada dalam kacang hijau dan kedelai. Tidak hanya itu saja, jengkol juga memiliki kandungan zat besi yang memiliki fungsi sebagai pembentuk hemoglobin dalam darah yang mengangkut oksigen dan mengeluarkan karbon dioksida.

Makanan yang mengandung zat besi sangat penting untuk tubuh. kandungan nutrisi dan gizi dalam jengkol memang baik untuk tubuh. namun dibalik kebaikan yang ada dalam jengkol juga terdapat bahaya didalamnya. Berikut ini bahaya yang tersembunyi dalam jengkol :

Bahaya Jengkol Untuk Kesehatan


1. Bau Mulut

Pada saat mengkonsumsi jengkol yang pertama kali yang muncul adalah bau khas jengkol yang sangat menyengat. Bau ini tidak mudah dihilangkan walaupun sudah membersihkan gigi dengan menggosok gigi dan mengkonsumsi makanan lainnya. Bau jengkol disebabkan oleh adanya kandungan asam amino dan sulfur dalam jengkol.

2. Asam Jengkloat

Jengkol juga memiliki kandungan zat asam yang sangat berbahaya yang dapat menyebabkan penyakit jengkolan. Penyakit ini biasanya ditandai dengan rasa nyeri dan sakit pada bagian pinggang dan kemudian di susul dengan rasa melilit pada perut. Orang yang menderita penyakit ini biasanya akan mengalami kesulitan pada saat buang air kecil. Hal ini disebabkan karena banyaknya jengkol yang dikonsumsi.

Asam jengkloat yang ada dalam jengkol memang sudah umum diketahui masyarakat. Asam ini merupakan sejenis asam protein dalam pembuluh darah sehingga dapat menyumbat pembuluh darah itu sendiri. Dalam jangka panjang penyakit ini menyebabkan penyakit kencing batu.

3. Bahaya untuk orang yang menderita asam urat

Untuk orang yang mengidap asam urat disarankan untuk tidak mengkonsumsi jengkol. Karena hal ini akan cukup berbahaya dan dapat menyebabkan pngkristalan asam urat yang lebih banyak dalam sendi dan akan menimbulkan penyakit asam urat lebih parah.

Secara umum memang semua orang tidak mengkonsumsi jengkol akan langsung mengalami penyakit jengkolan. Namun orang yang mengkonsumsi jengkol pasti akan mendapatkan bau yang tidak sedap. 

Itulah beberapa penjelasan tentang bahaya tersembunyi dari jengkol. Memang semua orang boleh mengkonsumsi jengkol, karena kandungan yang nutrisi dan gizi dalam jengkol dangan baik untuk tubuh. namun yang perlu diperhatikan adalah tidak boleh mengkonsumsi jengkol secara berlebihan dan dalam jumlah yang banyak.

Artikel Terkait

Bahaya Mengkonsumsi Jengkol Berlebihan
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email