BAHAYA TIDUR PADA PAGI HARI UNTUK KESEHATAN


Tidur merupakan aktivitas yang biasa orang lakukan pada malam hari. bagaimana pun tidur merupakan salah satu aktivitas yang menghentikan pikiran sejenak dari berbagai beban yang harus dilakukan otak. pada saat tidur tidak hanya otak dan dipikiran saja yang istirahat namun fisik juga istirahat. Waktu umum yang dilakukan orang untuk tidur adalah pada saat malam hari. hal ini dilakukan karena memang pada siang hari manusia melakukan aktivitas yang sibuk dan membuat fisik menjadi lelah. Sehingga waktu yang digunakan untuk istirahat adalah pada waktu malam hari. tidak hanya malam hari saja manusia melakukan tidur, biasanya tidur juga dilakukan pada siang hari. biasanya tidur siang hari dilakuakan oleh anak – anak, balita maupun bayi. 

Selain tidur pada siang hari, waktu tidur selanjutnya adalah pada saat pagi hari. lalu bagaimana jika orang melakukan tidur pada pagi hari? apa bahayanya?

Melakukan tidur saat pagi hari ternyata tidak baik untuk kesehatan tubuh. adapun beberapa dampak buruk untuk kesehatan antara lain :

1. Mengalami masalah metabolisme
Jika seseorang melakukan tidur dalam jangka waktu yang lama maka perut akan merasa lapar dan hal ini yang membuat kecepatan metabolisme terpengaruh sehingga membuat bobot meningkat.

2. Lesu
Pada saat tidur pagi akan membuat badan lesu dan lemas. Hal ini disebabkan karena metabolisme dalam tubuh masih bekerja dalam aturan malam hari dan membutuhkan waktu yang lebih lama untuk memulai sistem dan tidak dapat berfungsi dengan normal.

3. Kehilangan waktu produktif
Menurut orang waktu yang produktif adalah pada saat pagi hari. hal ini karena pikiran masih terasa segar setelah tubuh sudah beristirahat semalaman. 

4. Gaya hidup yang tidak sehat
Sinar matahari pada pagi hari banyak mengandung vitamin D yang sangat bagus untuk tubuh. sehingga apabila pada waktu pagi hari orang tidak melakukan aktivitas apapun dan hanya tidur saja tidak mengeluarkan energi, maka hal itu akan membuat gaya hidup yang tidak sehat.

5. Sulit berkonsentrasi
Tidur yang lama akan membuat otak sulit untuk berkonsentrasi. Karena dengan melakukan tidur yang terlalu lama akan membuat seseorang bingung dan sulit untuk menemukan jalan keluar.

6. Sakit kepala
Ketika seseorang melakukan tidur terlalu lama, akan menyebabkan sakit kepala yang parah dan dampak yang paling buruk adalah akan menyebabkan kebutaan.

7. Malas untuk melakukan aktivitas
Pada saat bangun siang akan menyebabkan tubuh menjadi lemas, akibatnya tubuh akan merasa malas melakukan aktivitas baik fisik maupun aktivitas berfikir. 

8. Mengganggu masalah psikologi
Kondisi yang umum adalah sel – sel otak akan kembali bekerja pada saat bangun pagi. Sementara bahaya tidur pagi yang sering dilakukan. Justru akan membunuh sel – sel otak, hal ini akan berakibat pada rasa malas untuk melakukan hal apapun termasuk malas untuk berfikir.

Artikel Terkait

BAHAYA TIDUR PADA PAGI HARI UNTUK KESEHATAN
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email