CARA MENGATASI MASALAH KOMEDO DENGAN BAHAN – BAHAN ALAMI


Komedo merupakan masalah yang terjadi karena penyumbatan pada pori – pori kulit sehingga akan muncul tonjolan kecil berwarna putih dan hitam yang dikenal sebagai komedo, yang muncul di area kulit wajah anda. Kadang komedo juga ada yang berwarna kekuningan. Biasanya area yang utama yang sering munculnya komedo adalah pada area hidung dan sekitar mata. Dari komedo akan dapat berkembang menjadi jerawat. Komedo secara umum biasanya muncul dan berkembang pada saar dan setelah masa pubertas, ketika kadar hormon menghasilkan sebum yang berlebih. 

Sebum yang berfungsi untuk melembabkan area kulit mengalir keluar dari pori – pori yang terbuka. Terkadang keluarnya sebum juga tersumbat dan dari situlah bakteri mulai bertumpukan. Bagi kamu yang mengalami masalah ini jangan cemas untuk mencari solusinya karena di bawah ini akan di jelaskan mengenai bagaimana cara menghilangkan komedo dengan bahan alami. berikut ini ada 5 cara alami untuk mengatasi masalah komedo yang dapat kamu lakukan sendiri di rumah.

1. Pepaya

Pepaya memang sudah sangat terkenal dengan khasiatnya yang digunakan untuk perawatan kecantikan wajah. Salah satu keunggulan buah pepaya adalah untuk mengatasi masalah komedo. Cara cukup mudah, hanya dengan membuat masker pepaya. Haluskan potongan buah pepaya dan mengoleskannya pada sekitar wajah yang terdapat komedo secara merata. Diamkan beberapa saat lalu bilas dengan air. kamu bisa melakukan perawatan ini pada saat bangun pagi dan menjelang tidur.

2. Lidah buaya

Lidah buaya memang sangat bermanfaat untuk kesehatan kulit. Dengan gel lidah buaya kamu bisa menggunakan untuk mengatasi masalah komedo. Caranya dengan mengiris lidah buaya menjadi dua bagian dan mengoleskan lendirnya pada area wajah yang terdapat komedo. Lakukan perawatan ini secara rutin sekitar 1-2 kali sehari sampai komedo benar – benar hilang.

3. Uap air panas

Manfaat yang dapat digunakan dari uap air panas adalah untuk menghilangkan komedo. Selain itu cara efektifnya adalah dengan menambahkan sedikit garam pada rebusan air tersebut dan tunggun sampai mendidih, setelah itu uapi wajah yang berkomedo selama 5-10 menit. untuk hasil yang maksimal, kamu bisa menutup kepala kamu dengan handuk dan menghadapkan wajah di depan air panas yang berada dalam baskom. 

4. Jus lemon

Cara menghilangkan komedo selanjutnya adalah dengan menggunakan jus lemon atau bisa juga dengan jeruk nipis. Caranya dengan menyiapkan buah lemon yang dan mencampurkannya dengan minyak almond dan gliserin. Campurkan ketiga bahan tersebut dan menghaluskannya dengan blender. Setelah itu oleskan ramuan tadi pada area kulit yang berkomedo dan diamkan selama 10 menit. 

5. Putih telur

Menggunakan masker telur untuk mengatasi masalah komedo, yang digunakan hanya putih telurnya saja. Dengan cara membalurkan putih telur yang ditambahkan dengan satu sendok madu dan oleskan pada wajah secara merata. Kemudian diamkan sekitar 25-30 menit sampai mengering. Selanjutnya bersihkan wajah dengan air hangat.

Artikel Terkait

CARA MENGATASI MASALAH KOMEDO DENGAN BAHAN – BAHAN ALAMI
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email