Kesalahan Fatal Saat Melakukan Program Diet

Kesalahan Fatal Saat Melakukan Program Diet - Orang yang menganggap diet adalah mengurangi porsi makanan. Mengurangi makanan sering diartikan dengan hal hal - hal berikut ini, namun sayangnya justru akan merugikan mereka yang melakukan program diet yang membuat berat badan tak kunjung turun. Meskipun berat badan turun, itu tidak akan bertahan lama dalam waktu yang dekat berat badan akan kembali naik. Kejadian ini biasa disebut juga dengan yoyo diet. Apa saja yang membuat program diet gagal?


Berikut ini 7 hal kesalahan fatal dalam program diet:


1. Berlapar - Lapar

Apabila banyak makan akan dapat membuat berat badan bertambah, maka dengan porsi makanan sedikit bisa menurunkan berat badan. Apabila rasa lapar sudah terasa, pasti akan membuat seseorang menahan rasa tersebut kemudian menunda makan. Padahal hal ini akan membuat metabolisme dalam tubuh seseorang menurun, sehingga proses pembakaran lemak menjadi terhambat, timbul rasa loyo dan kurang fit pada saat melakukan aktivitas sehari hari yang menyebabkan energi menurun. Lapar juga merupakan tanda bahwa perut sedang kosong dan gula darah telah menipis, sementara otak membutuhkannya. Jika diteruskan akan menyebabkan seseorang menjadi pusing.

2. Melewatkan Sarapan

Kebiasaan yang sering dilakukan oleh seseorang adalah melewatkan sarapan, entah hal ini disengaja atau tidak. Padahal sarapan merupakan jadwal waktu makan yang sangat penting untuk tubuh seseorang. Dengan melewatkan sarapan pagi akan menyebabkan tubuh mengalami katabolik dimana tubuh akan berusaha memenuhi kebutuhan energi dengan mengambilnya dari otot. 

3. Enggan Makan Malam

Pada saat tidur, tubuh memang tidak membutuhkan kalori sebanyak pada saat tubuh itu aktif. Akan tetapi, subuh sangat membutuhkan protein saat tidur. Karena pada saat inilah waktu dimana hormon pertumbuhan bekerja, memperbaiki kerusakan sel - sel dalam tubuh dan peran protein sangat berperan penting disini. Disarankan untuk mengkonsumsi protein sekitar 2-3 jam sebelum tidur.

4. Tidak Makan Setelah Olahraga

Menurut pendapat sebagian orang, olahraga akan menjadi sia - sia apabila makan setelah olahraga. Padahal setelah berolahraga setelah itu anda makan, merupakan salah satu hal penting yang dibutuhkan dalam tubuh. Sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi karbohidrat dan protein 15 menit setelah berolahraga.

5. Kurangnya Minum Air Putih

Kurangnya mengkonsumsi air putih juga dapat menyebabkan tubuh menahan lebih banyak air dalam tubuh, sehinnga membuat bobot berat badan bertambah. Selain itu, tubuh yang kurang air akan membuat pencernaan dan metabolisme dalam tubuh kurang lancar.

6. Crash Diet

Diet tanpa karbohidrat dan tinggi protein. Pola makan diet seperti ini merupakan pola makan diet yang tidak seimbang, karena dapat membahayakan beberapa fungsi tubuh. Fat memiliki peran penting dalam tubuh seseorang, salah satunya yaitu untuk menyerap vitamin A, D. E, dan K.

7. Menetapkan Waktu Makan yang Bebas

Biasanya waktu makan yang tidak teratur, dilakukan pada saat hari minggu. Membuat hari khusus yang diasumsikan sebagai rewards setelah dilakukannya diet ketat selama hari sebelumnya.

Artikel Terkait

Kesalahan Fatal Saat Melakukan Program Diet
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email