10 BAHAYA BAWANG PUTIH JIKA DIMAKAN SECARA MENTAH


Bawang putih memang dikenal sebagai salah satu rempah – rempah yang paling banyak digunakan di seluruh dunia sebagai bumbu masakan. Dengan rasanya yang khas membuat bawang putih ini menjadi bumbu yang paling terpenting pada setiap masakan. Tidak hanya memiliki rasa dan aroma yang khas untuk setiap masakan, namun bawang putih cukup besar manfaatnya pada kesehatan dan pengobatan.

Sudah dari jaman dahulu bawang putih digunakan dalam bidang masakan maupun kesehatan. Kandungan nutrisi yang terdapat dalam bawang putih cukup besar. Bahkan tak jarang juga orang yang mengkonsumsi bawang putih secara mentah. 

Walaupun bawang putih dianggap sangat bermanfaat, namun mengkonsumsi bawang putih secara mentah juga dapat menimbulkan bahaya bagi tubuh. berikut ini bahaya bawang putih jika dikonsumsi secara mentah.


1. Menimbulkan rasa panas dalam mulut

Pada saat bawang putih dikonsumsi secara mentah, tentu hal ini akan menimbulkan rasa panas yang akan menjalar keseluruh area mulut. Hal ini terjadi karena senyawa allicin pada bawang putih akan keluar pada saat bawang putih di kunyah, dan menimbulkan efek panas terbakar pada mulut.

Makanan yang terasa panas di mulut akan menimbulkan kondisi penyebab sakit pada saat buang air kecil, menyebabkan mulut terasa pahit, dan menimbulkan bau mulut yang tidak sedap.

2. Bau mulut yang menyengat
Pada saat bawang putih di konsumsi secara mentah, hal ini akan menimbulkan bau mulut yang sangat menyengat setelahnya. Bau ini akan cepat hilang jika kamu berhenti mengkonsumsi bawang putih dan langsung membersihkan mulut.

3. Bau keringat yang menyengat
Tidak hanya menimbulkan bau menyengat pada mulut saja. Senyawa allicin pada bawang putih juga berpengaruh pada bau keringat yang dihasilkan. 

4. Memicu reaksi alergi
Biasanya laergi bawang putih akan muncul dengan ditandai kulit terasa gatal – gatal dan muncul kemerahan. Tidak hanya itu saja, terjadi juga pembengkakan dan peradangan pada sekitar area mulut dan wajah.

5. Merusak saluran pencernaan
Bahaya bawang putih jika dikonsumsi secara mentah akan dapat merusak sistem pencernaan dalam tubuh. salah satu efek yang ditimbulkan adalah terjadinya iritasi pada bagian lambung.

6. Memicu diare
Terjadinya diare setelah mengkonsumsi bawang putih adalah karena ada masalah dan gangguan pada bagian sistem pencernaan dan makanan yang dikonsumsi tidak sesuai. Yang lebih parahnya lagi terjadinya muntaber.

7. Jangan mengkonsumsi bawang putih pada saat akan melakukan operasi
Jika kamu mengkonsumsi bawang putih sebelum operasi maka akan menimbulkan darah yang akan keluar lebih banyak dan membuat tubuh menjadi drop.

8. Penyebab iritasi pada kulit
Jika bawang putih dikonsumsi oleh wanita hamil dan menyusui akan berpotensi merusak kulit.

9. Menimbulkan kentut yang bau menyengat

10. Merusak lambung
Bawang putih yang dikonsumsi secara mentah akan tidak baik untuk dicerna dalam lambung, apalagi jika dalam keadaan sakit.

Artikel Terkait

10 BAHAYA BAWANG PUTIH JIKA DIMAKAN SECARA MENTAH
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email