APA ITU ANGIN DUDUK ATAU ANGINA?


Istilah angina atau angin duduk mungkin sudah pernah anda dengar. Beberapa orang menganggap angin duduk seperti masuk angin biasanya tetapi dapat mematikan. Ada juga yang menganggap jika angin duduk sebagai suatu hal yang berbahaya dan dapat menyebabkan kematian. Dalam istilah kedokteran bukan di kenal dengan istilah angin duduk.

Disebut sebagai angin duduk atau angina karena orang yang mengalami hal ini dapat secara tiba – tiba meninggal. Mungkin saat itu terjadi saat orang sedang duduk dan orang tersebut meninggal seketika. Angin duduk berhubungan dengan jantung. Karena tidak ada dalam istilah kedokteran, maka istilah angin duduk tersebut adalah angina pectoris yang di tandai dengan rasa nyeri dada sebelah kiri.

Jantung memang terletak pada bagian dada kiri. Jantung yang kekurangan oksigen akan dapat menimbulkan rasa nyeri, hal itulah yang menyebabkan dada kiri terasa nyeri. Rasa nyeri yang terjadi dan dada terasa seperti di tekan dapat berlangsung selama 5 sampai 30 menit. rasa nyeri ini biasanya menjalar sampai ke bahu dan lengan kiri. Jadi intinya angin duduk atau angina merupakan penyakit jantung iskemik yang disebabkan karena kurangnya pasokan oksigen maupun aliran darah ke jantung.

Secara garis besar rasa nyeri tersebut bisa terjadi karena dua penyebab. Yang pertama karena adanya penyumbatan pada pembuluh darah sekitar jantung yang membawa oksigen. Penyebab kedua adalah adanya aktivitas berat yang mengakibatkan terjadinya lonjakan oksigen yang lebih dari biasanya. Misalnya saja aktivitas olahraga, mendaki atau saat mengalami stres. Jika anda sering mengalami hal seperti itu segeralah untuk memeriksakan diri ke dokter untuk memeriksakan jantung anda. Walaupun setelah angina di beri perawatan tidak ada jaminan bahwa serangan tersebut dapat di cegah.

Menghindari terjadinya angin duduk atau angina


  • Tekanan darah

Tekanan darah yang terjadi dapat menyebabkan serangan angin duduks secara tiba – tiba. Karena tekanan darah tinggi dapat membuat kebutuhan tubuh terhadap oksigen meningkat.

  • Kadar gula

Tingkat kadar gula yang tinggi juga memperngaruhi terjadinya angina. Karena gula darah tinggi akan menghambat proses masuknya oksigen ke jantung.

  • Kolesterol

Tingkat kolesterol dalam tubuh perlu dipantau. Karena penyumbatan yang umum ditemukan pada pembuluh darah adalah lemak kolesterol atau plak kolesterol.

Mengatasi Angina

Orang yang merasakan rasa nyeri pada dada sebaiknya untuk segera memperbaiki pola hidup anda dan memeriksakan diri ke dokter. Jika hal ini di biarkan tanpa adanya perawatan akan kemungkinan besar hal itu dapat memicu serangan jantung yang sangat fatal.

Selain itu pola hidup yang kurang sehat dapat menjadi hal yang umum yang menjadi penyebab munculnya angina dan kondisi yang paling parah adalah serangan jantung. Kebiasaan buruk seperti mengkonsumsi makanan dengan kadar kolesterol yang tinggi, obesitas, stres, kebiasaan merokok dan tidak pernah melakukan olahraga dapat menjadi pemicunya.

Artikel Terkait

APA ITU ANGIN DUDUK ATAU ANGINA?
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email