MEMBUAT NAFSU MAKAN SI KECIL LEBIH BAIK


Bunda yang memiliki anak balita di rumah, pastinya akan sangat disibukkan dengan aktivitas merawat dan menjaga buah hati. Yang perlu kita tahu, merawat dan menjaga si kecil yang masih berumur balita merupakan hal yang gampang – gampang susah. Meskipun begitu merawat si kecil yang masih balita akan menjadi sangat sulit dan susah ketika si kecil tidak mau makan atau pilih – pilih makanan. Jika hal ini dibiarkan, maka buah hati akan terjadi kekurangan gizi dan nutrisi untuk tubuhnya.

Untuk setiap orangtua terutama bunda harus lebih pandai – pandai dalam merawat dan memperhatikan si kecil agar mau makan dengan baik dan tidak pilih – pilih makanan. Agar nafsu makan lebih baik, sedikitnya ada beberapa hal yang perlu di perhatikan oleh bunda.

Membuat jadwal makan si kecil

Bunda memastikan jadwal makan si kecil, setidaknya 3 sampai 4 jam sekali. Entah itu makan nasi, bubur maupun makanan ringan lainnya. Mengusahakan agar anak makan dalam waktu yang teratur dan terjadwal dengan baik. Membuat jadwal makan harian si kecil dengan teratur akan membuat nafsu makannya bertambah dan pola makannya berjalan dengan baik dan lancar.

Ganti menu si kecil

Agar nafsu makan si kecil menjadi lebih baik. Usahakan, bunda untuk memberinya menu makanan yang beragam dan tidak selalu itu – itu saja. Jika bunda memberikan makanan yang sama tiap harinya maka akan membuat si kecil  bosan dan tidak nafsu makan. Dengan mengganti menu makanan si kecil dan mencukupi nutrisinya akan membuat kesehatan si kecil lebih baik.

Memakan apa yang dimakan buah hati

Jika buah hati mengkonsumsi makanan tertentu, pastikan juga juga dan anggota keluarga lainnya memakan makanan tersebut. Dengan memberikan contoh si kecil agar mau makan makanan yang baik dapat mempengaruhi si kecil untuk menyukai makanan tersebut.

Buat suasana makan yang menyenangkan

Dengan membuat suasana makan yang menyenangkan akan membuat nafsu makan anak lebih meningkat dan lebih baik. Bunda bisa mengajak si kecil untuk makan sambil bermain apa yang mereka suka. Saat si kecil merasa senang dan nyaman, maka aktivitas makan pu semakin menyenangkan dan tidak membosankan.

Mengajak si kecil membuat dan memilih makanannya sendiri

Dengan mengajak si kecil membuat dan memilih makanannya sendiri akan membuat anak terlibat dalam aktivitas membuat makanan yang akan di konsumsinya sendiri. Tapi bunda juga harus memastikan bahwa kegiatan tersebut aman untuk si kecil.

Nah itulah beberapa cara yang dapat digunakan untuk membuat si kecil lebih nafsu makan. Selain cara tersebut bunda juga bisa menambahkan taburan gula diatas makanan si kecil agar rasa dari makanan tersebut lebih manis dan lebih disukai oleh si kecil. Karena biasanya anak – anak lebih suka dengan makanan yang manis – manis.

Artikel Terkait

MEMBUAT NAFSU MAKAN SI KECIL LEBIH BAIK
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email