APA MANFAAT DONOR DARAH UNTUK KESEHATAN?


Donor darah merupakan aktivitas yang merupakan kegiatan positif dan mulia yang dapat menolong sesama. Donor darah merupakan suatu hal yang dapat membantu seseorang yang membutuhkan tanpa ada rasa pamrih dilakukan secara sukarela. Namun selain untuk kegiatan yang positif donor darah juga dapat dilakukan saat situasi darurat. Jika ada anggota keluarga yang sedang sangat membutuhkan darah dalam jumlah yang banyak dan rumah sakit tak memiliki stock darah yang cocok.

Donor darah tidak hanya bermanfaat untuk penerimanya saja. Namun kegiatan donor darah ini juga memiliki manfaat untuk orang yang mendonorkan darah mereka. Selain baik untuk kesehatan ternyata donor darah juga baik untuk kecantikan.

Manfaat donor darah untuk kesehatan bagi pendonor


1. Melindungi jantung

Orang yang melakukan donor darah akan mendapat manfaat untuk jantung yang lebih sehat. Berdasarkan penelitian membuktikan bahwa kegiatan donor darah bagi pendonor aktif mereka cenderung memiliki resiko rendah terhadap penyakit jantung.  Jadi kegiatan positif ini tidak hanya bermanfaat bagi yang menerima saja, tapi bermanfaat juga bagi pendonor.

2. Menurunkan resiko penyakit kanker

Melakukan aktivitas donor darah harus dilakukan secara konsisten, mengingat tubuh akan selalu menerima manfaat dari kegiatan tersebut. Dengan kegiatan yang konsisten, bagi pendonor akan menurunkan resiko terhindar dari penyakit kanker paru – paru, lambung, usus besar, dan tenggorokan.

3. Membantu menurunkan tingkat zat besi dalam darah

Setiap kali orang melakukan donor darah, kegiatan ini dapat menurunkan level iron dalam tubuh. iron merupakan zat besi yang terdapat dalam sirkulasi darah setiap orang. Dengan menurunkan zat besi dalam tubuh berarti mengurangi resiko seseorang terkena penyakit jantung atau kardiovaskular.

4. Memperbaharui sel – sel darah secara rutin

Melakukan aktivitas donor darah secara berkala akan memperbaharui sel – sel dalam darah. Bagi mereka yang konsisten melakukan donor darah maka regenerasi sel darah merah akan terjadi 48 jam pasca donor darah. Dalam waktu tersebut volume darah akan benar – benar terganti dengan yang baru. Dengan seperti ini maka tubuh akan terlihat lebih sehat, segar dan produktif untuk melakukan berbagai kegiatan.

5. Pemeriksaan kesehatan gratis

Sebelum orang mendonorkan darah pasti akan dilakukan pemeriksaan terlebih dahulu untuk memastikan kondisi tubuhnya dalam keadaan sehat dan prima. Hal ini dipastikan seseorang memperoleh pemeriksaan gratis dari dokter atau pun tenaga ahli. Sehingga orang akan mengetahui kondisi kesehatan tubuhnya.

Donor darah untuk kecantikan dan psikologis


1. Keadaan psikologis akan lebih stabil

Bagi pendonor darah pasti akan merasakan dampak yang menyehatkan untuk pikirannya setelah mereka melakukan donor darah. Mereka akan lebih berpikir jernih dan stabil dalam menyikapi berbagai masalah yang sedang dihadapi. Selain itu mereka juga merasakan kemampuan mereka dapat menekan stres yang semakin membaik.

2. Mencegah penuaan dini

Donor darah secara rutin akan membantu kulit untuk beregenerasi secara sempurna. Keriput juga tidak akan mudah muncul pada kulit mereka, karena kulit akan selalu terlihat kencang. Jadi untuk pendonor aktif, mereka tidak perlu melakukan perawatan kecantikan yang mahal – mahal untuk mendapatkan kulit yang cantik dan terlihat muda.

Artikel Terkait

APA MANFAAT DONOR DARAH UNTUK KESEHATAN?
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email