MANFAAT SENYUM UNTUK KESEHATAN


Beberapa manfaat senyum untuk kesehatanSenyum merupakan salah satu ungkapan rasa ketenangan batin yang mencerminkan kesehatan jiwa seseorang. Dengan senyum mampu menghilangkan kecemasan dan keraguan. Senyum juga bisa mengatasi berbagai tekanan psikis yang dialami oleh seseorang. Ketika terseyum, 12 otot wajah seseorang ikut bergerak.

Beberapa manfaat senyum bagi kesehatan


1. Memperlambat terjadinya keriput pada wajah

Manfaat senyum untuk kesehatan salah satunya adalah mencegah penuaan dini. Karena keriput wajah dapat terjadi karena otot – otot wajah jarang di gerakkan. 

2. Menghilangkan Stres

Tekanan yang batin akibat rutinitas sehari – hari bisa di hilangkan dengan tersenyum secara tulus. Dengan senyum bisa membuat suasana menjadi tidak kaku. Rasa lelah, jenuh dan kesedihan dapat di lenyapkan dengan sebuah senyuman yang tulus. 

3. Meningkatkan kekebalan tubuh

Hal yang terduga dari manfaat tersenyum adalah bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh. pada saat kita tersenyum tubuh akan merasa lebih nyaman dan kekebalan tubuh pun juga akan meningkat. Daya tahan tubuh yang baik akan menghindarkan kamu dari berbagai penyakit yang bisa menyerang.

4. Menormalkan tekanan darah

Berkaitan dengan sistem kekebalan tubuh, tekanan darah pun juga menjadi stabil karena tersenyum. 

5. Menghilangkan rasa sakit 

Hormon endorphin dan serotonin merupakan hormon yang bisa mengendalikan rasa sakit pada tubuh. hormon ini di kenal sebagai hormon yang membuat bahagia dan meningkatkan kekebalan tubuh. hormon ini akan meningkat ketika seseorang tersenyum. Semua orang mungkin lebih memilih melihat seseorang tersenyum daripada  melihatnya cemberut. Sebenarnya ada beberapa penyakit yang bisa dipercepat penyembuhannya dengan senyuman.

Dengan memberikan senyuman yang tulus pada teman dan semua orang yang ada di sekitar mu akan membuat seseorang yang sedang merasa tidak bahagia akan membuatnya tetap mengeluarkan hormon endorphin. Bahkan dengan pura – pura tersenyum pun ada manfaatnya secara psikologis.

Pada saat kamu merasa penat akibat rutinitas dan pekerjaan yang banyak yang mengeluarkan banyak energi dan tenaga, dengan tersenyum dan tertawa ringan saja bisa menstabilkan tekanan darah dan irama jantung yang tinggi. hal ini bisa meningkatkan sensor – sensor perseptif yang menyebabkan kamu mampu untuk menghadapi pekerjaan dengan baik.

Bagi mereka yang sering tersenyum juga cenderung memiliki kemampuan berpikir yang jernih, dan memiliki ide kreatif dalam memecahkan masalah. Manfaat senyum lainnya adalah bisa melancarkan sirkulasi nutrisi dan oksigen pada jaringan otot tubuh.

Jika kamu sudah mengetahui manfaat dari tersenyum. Setidaknya dengan kamu melakukan senyuman akan menunjukkan bahwa kamu sedang bahagia. Sebaliknya dengan ekspresi murung dan cemberut akan menimbulkan berbagai gangguan kesehatan tubuh dan psikis yang bisa mengancam kesehatan tubuh. karena ekspresi murung akan membuat semua otot saraf menjadi tegang dan kaku yang bisa memicu penuaan dini dan depresi.

Artikel Terkait

MANFAAT SENYUM UNTUK KESEHATAN
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email