Bisakah Menurunkan Demam Pada Anak Secara Alami ?


Memang banyak obat pereda demam untuk anak – anak yang di jual di berbagai apotek dan memiliki banyak macamnya. Namun banyak diantara kita yang menghindarinya dan hanya menggunakan obat tersebut jika dalam keadaan suhu badan si anak benar – benar tinggi.

Jika demam pada anak tidak terlalu parah, mengapa tak mencoba 7 cara alami ini?


1. Mandi dengan air hangat

Memandikan si kecil dengan air hangat akan membantu meredakan demam si kecil. Jangan memandikan anak dengan air dingin, karena hal itu akan membuat si kecil menggigil kedinginan. Bisa juga dengan menambahkan essential oil misalnya lavender oil untuk menenangkan kondisi tubuh. jika tak memungkinkan untuk mandi, bisa juga dengan hanya mengelap tubuh dengan handuk basah yang hangat.

2. Pijat dengan ramuan herbal

Dengan campuran minyak kayu putih dengan parutan bawang merah yang ditambah dengan seiris jeruk nipis. Apabila minyak kayu putih terlalu panas, bisa juga dengan menggunakan minyak kelapa. Jeruk nipis juga bisa digantikan dengan asam jawa. Pijatlah tubuh si kecil dengan lembut menggunakan ramuan ini, terutama pada bagian dada, perut dan punggung.

3. Terapi kaos kaki

Memasukan kaos kaki pada air panas. Kemudian memasukan sepasang kaos kaki katun ke dalam air dingin, peras kaos kaki tersebut dan kenakan kaos kaki sebelum tidur. Kemudian kenakan juga kaos kaki kering yang terbuat dari bahan benang wol diatas kaos kaku yang basah. Hal ini dapat menurunkan demam dengan mengumpulkan darah pada kaki, yang akan membuat peredaran darah menjadi lancar.


4. Kompres pada dahi

Mengompres dahi anak merupakan cara yang paling umum yang sering dilakukan oleh orang tua sejak dulu, karena cara ini paling mudah dilakukan dan efektif. Dengan kompresan air dingin pada dahi akan dapat menurunkan suhu panas di kepala, sehingga si kecil lebih tenang.

5. Pijat dengan Pepper Mint Oil

Pepper Mint Oil sangat bermanfaat untuk meredakan demam si kecil. Kandungan mentol yang terdapat dalam peppermint oil akan melancarkan hidung yang tersumbat, sinusitis dan gejala demam lainnya. Dengan memijat dada dan punggung anak secara perlahan dapat meredakan temperatur kulit pada anak.


6. Mencegah Dehidrasi dan Minum banyak cairan

Salah satu efek demam pada anak adalah dehidrasi atau kekurangan cairan. Berikan minum yang banyak pada anak. Bisa dengan membuat makanan berkuah kaldu, the jahe dan madu. Anda juga bisa memberikan jus buah yang sudah dibekukan untuk menurunkan demam pada anak dari dalam tubuh.

7. Mengkonsumsi makanan pedas

Jika si kecil suka dengan makanan pedas, anda bisa memberikan sedikit makanan pedas untuknya. Karena dengan mengkonsumsi makanan pedas akan dapat membuat si kecil berkeringat dan melancarkan peredaran darah.

Artikel Terkait

Bisakah Menurunkan Demam Pada Anak Secara Alami ?
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email