CARA MEMBUAT ANAK LEBIH SUKA DENGAN BUKU DARIPADA GADGET


Sesuai dengan perkembangan zaman yang semakin canggih ini ternyata menimbulkan hal –hal buruk bagi  anak. Teknologi canggih membuat setiap orang memiliki gadget canggih. Kamu mungkin merindukan masa – masa dimana saat buku menjadi suatu hal yang favorit banyak orang. Seperti yang kita ketahui kata – kat bahwa buku adalah jendela dunia, namun sepertinya peran itu sudah mulai tergeser sejak kemunculan internet.

Tak heran memang, jika kemudian generasi penerus masa kini lebih kenal dan dekat dengan yang namanya internet ketimbang dengan buku. Tapi hal itu jangan dibiarkan pada anak – anak kita, yang akan membuat anak – anak akan semakin sering dan mencintai layar komputer maupun layar smartphone mereka. Dengan membiasakan anak membaca dengan buku yang mereka miliki akan lebih bermanfaat untuk si kecil. Berikut ini ada beberapa tips – tips yang dapat anda gunakan untuk membuat si kecil lebih menyukai buku daripada gadget.

  • Membiasakan anak untuk membaca buku di rumah sebelum mereka berangkat ke sekolah

Kebiasaan baik ini harus dimulai dari lingkungan terdekat anak, yaitu keluarga. Dengan mengajak anak untuk terbiasa dengan membaca buku di rumah akan membuatnya sadar betapa pentingnya membaca buku. Kamu bisa memulainnya dengan buku – buku dongeng anak yang disukai si kecil. Bahkan sebelum si anak masuk di pendidikan Tk maupun SD.

  • Membaca buku secara berulang

Jika anak – anak menyukai sesuatu, mereka akan mengulanginya secara terus – menerus seperti halnya buku. Jika mereka menyukai buku tertentu misalnya saja buku cerita, mereka akan membaca buku tersebut berulang – ulang. orangtua bisa menemaninya sambil mengenalkan anak dengan buku cerita yang lainnya.

  • Membaca buku cerita yang ingin kamu baca

Kamu bisa mengikutkan anak untuk bergabung melihat apa yang kamu baca. Walaupun mereka tak mengerti hal apa yang sedang kamu baca. Kamu juga bisa membacakan kalimat yang sedang kamu baca dan menjelaskannya pada si kecil.

  • Buat kegiatan yang berhubungan dengan cerita dalam buku

Membuat kegiatan yang berhubungan dengan buku. Misalnya saja dengan menggambar tokoh – tokoh yang ada di buku cerita si anak, seperti cinderella dan tokoh lainnya. Hal ini juga sekaligus melatih keterampilan motorik dan kreativitas anak.

  • Hubungkan cerita yang ada di buku dengan kehidupan nyata

Mungkin pada buku cerita ada banyak pelajaran yang berharga yang kamu petik. Buku fabel dan buku cerita anak – anak yang bisa dihubungkan dengan kehidupan nyata, aktivitas sehari  hari dan pembentukan karakter anak. Saat mengajarkan sesuatu pada anak biasanya anak lebih memahami dengan menghubungkan dengan cerita yang pernah didengarnya dan lihat dari cerita anak – anak.

Jadi sebenarnya tidak sulit membiasakan anak untuk membaca buku, asal kebiasaan itu dimulai dari sejak dini di kehidupan sehari – harinya.

Artikel Terkait

CARA MEMBUAT ANAK LEBIH SUKA DENGAN BUKU DARIPADA GADGET
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email