JENIS PENYAKIT KULIT YANG SERING MENYERANG PADA ANAK


Kulit pada anak – anak memang terbilang cukup sensitif. Namun selain kulit anak yang sensitif, mereka juga rentan akan penyakit kulit yang menyerang anak – anak. Tidak hanya itu saja, bahkan mereka juga rentan terhadap alergi dan pada saat makan makanan sembarangan, akan memiliki dampak pada kesehatan kulit mereka. Terlebih lagi, sistem kekebalan tubuh si kecil yang masih lemah yang membuatnya mudah untuk terkena virus penyakir termasuk penyakit kulit.

Nah berikut ini ada beberapa jenis penyakit kulit yang sering menyerang anak – anak :

  • Impetigo


Impetigo merupakan jenis penyakit kulit yang biasanya disebabkan karena anak kurang menjaga kebersihannya, sehingga terjadi infeksi bakteri stafilokokus atau streptokokus. Gejala penyakit impetigo dapat terlihat dari kulit anak yang menjadi kemerahan dan melepuh serta berisi cairan dan berkerak. Impetigo dapat menular melalui sentuhan yang terjadi pada kulit atau pun berbagai barang pribadi yang dapat menjadi perantara menularnya penyakit. Jika anak anda mengalami penyakit ini, sebisa mungkin untuk mencegah anak menggaruk – garuk luka pada kuit agar impetigo tidak menyebar ke seluruh bagian tubuh lainnya. Anda dapat menggunakan antibiotik untuk menghentikan penyebaran penyakit kulit ini. 

  • Biang keringat


Biang keringat biasanya muncul pada anak jika anak berkeringat karena memakai pakaian yang terlalu tebal dan tidak menyerap keringat pada tubuh. gejala biang keringat bisa dikenali dengan adanya bintik – bintik merah seperti jerawat di kepala, bahu, leher punggung atau beberpa bagian tubuh lainnya. Makanya orangtua harus mengatur si kecil untuk menggunakan baju dengan bahan yang mudah menyerap keringat dan tidak terlalu ketat. Karena mereka biasanya memang sangat aktif bergerak dan mudah mengeluarkan keringat.

  • Kurap


Kurap atau bisa disebut dengan ringworm adalah jenis infeksi kulit yang disebabkan oleh jamur yang hidup do dalam kulit mati, rambut, atau pun jaringan kuku. Gejala penyakit ini adalah kulit menjadi kemerahan dan bersisik. Semakin lama akan terbentuk pola menjadi seperti cincin, kemudian kulit pun akan terkelupas, merah, melepuh dan gatal. Kurap bisa ditularkan dengan cara bersentuhan langsung dengan orang atau pun hewan yang telah terkena penyakit kurap, dan berbagai barang seperti mainan atau handuk. Penyakit kurap sendiri bisa diobati dengan mengoleskan salep anti jamur pada kulit.

  • Kutil


Kutil merupakan penyakit kulit yang muncul pada jaringan atau tangan anak. Salah satu cara yang dapat menularkan penyakit kutil adalah kontak langsung dengan orang yang terinfeksi virus papilloma. Kutil dapat dihilangkan dengan mencabutnya sampai ke akar, kemudian membalutnya dengan perban. Anak tidak diperbolehkan untuk menggigit kuku untuk menghindari kutil.

Jika anda tak ingin si kecil terserang penyakit kulit. Sebaiknya anda melakukan pencegahan mulai dari sekarang. Dengan cara menjaga kebersihan anak dan lingkungan.

Artikel Terkait

JENIS PENYAKIT KULIT YANG SERING MENYERANG PADA ANAK
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email