MASALAH GUSI ADA KAITANNYA DENGAN KANKER PAYUDARA


Mungkin kamu pernah mengalami yang namanya sakit gusi. Pada dasarnya sakit gusi merupakan penyakit umum yang dialami oleh sebagian besar orang. Mungkin kita akan menganggap bahwa penyakit ini bukanlah penyakit yang serius dan berbahaya. Tapi jangan salah, ternyata penyakit ini ada kaitannya erat dengan resiko penyakit kanker payudara.

Dari penelitian University at Buffalo’s School of Publick and Health Professions yang dilakukan terhadap wanita menopause dan mengalami penyakit gusi, sebagian besar mereka sangat rentan akan masalah kanker payudara. Tidak hanya untuk mereka yang mengalami menopause dan penyakit gusi, beberapa dari mereka yang memiliki riwayat perokok juga rentan akan resiko kanker payudara lebih besar. Para peneliti menemukan bahwa mereka yang pernah merokok dan tidak merokok memiliki resiko kanker yang berbeda – beda.

Para peneliti menyebutkan jika virus dan bakteri di mulut perokok lebih banyak dibandingkan dengan mereka yang tidak merokok. Dari penelitian yang dilakukan oleh Womens Health Intiatove Observational Study  sebelumnya meneliti bahwa wanita yang mengalami menopause bebas dari resiko kanker. namun setelah melakukan penelitian kembali, ada 26,1% wanita yang mengalami penyakit gusi sangat beresiko besar terhadap penyakit kanker payudara. 

Berdasarkan hasil penemuan ini, para peneliti percaya bahwa mereka yang mengalami masalah pada gusi  14% lebih rentan terhadap penyakit kanker payudara dibandingkan dengan mereka yang tidak pernah mengalami masalah kesehatan gusi . tidak hanya itu saja, mereka yang merokok dan memiliki masalah dengan kesehatan gusi juga akan beresiko terkena penyakit kanker payudara yang lebih besar.

Menurut hasil peneltian diatas, masalah kesehatan gusi yang rentan akan penyebab munculnya penyakit kanker payudara bisa meliputi apa saja. Penyakit gusi merupakan penyakit yang mencakup peradangan pada gusi, plak gusi yang tidak diobati atau karang gigi yang sangat parah. Para peneliti mengatakan bahwa ketika plak gigi dan tartar tidak diobati, hal ini dapat menyebabkan penumpukan pertumbuhan bakteri pada gigi. Bakteri inilah yang erat kaitannya dengan kanker payudara atau bisa juga penyakit serius lainnya dalam tubuh.

Nah, mulai dari sekarang bagi para wanita penting untuk memperhatikan secara detail kesehatan dan kebersihan mulut khususnya gigi dan gusi. Hal ini dilakukan agar bisa terhindar dari resiko kanker payudara, jangan hanya menjaga kebersihan dan kesehatan gusi. 

Lebih detailnya lagi, kamu juga perlu menerapkan pola hidup sehat dan mengkonsumsi makanan sehat, minum air putih yang cukup, olahraga cukup, serta hindari juga untuk merokok dan mengkonsumsi minuman alkohol. Kurangi juga untuk mengkonsumsi berbagai makanan dan minuman cepat saji.  Dengan menerapkan pola hidup sehat, kemungkinan kecil untuk anda terserang penyakit kanker.

Artikel Terkait

MASALAH GUSI ADA KAITANNYA DENGAN KANKER PAYUDARA
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email