MENCEGAH KETERGANTUNGAN GADGET PADA ANAK.


Saat ini semua orang mayoritas sudah mengikuti perkembangan zaman, terutama perkembangan teknologi dan hampir setiap orang memiliki smartphone atau gadget. Namun bukan hanya orang dewasa saja yang memegang gadget, orangtua yang memiliki harta lebih seringkali juga membelikan gadget canggih untuk anak – anaknya.

Orangtua yang membelikan gadget untuk anak usia dini dapat berdampak buruk untuknya, anak yang memegang gadget sejak usia dini akan menjadi ketergantungan main gadget dan lupa akan hubungan sosial yang perlu dibangun pada masa kanak – kanak. Nah bagi orangtua yang ingin mencegah anak – anaknya agar tidak ketergantungan gadget ada baiknya orangtua untuk memperhatikan perilaku anak dan melakukan tips – tips dibawah ini :

  • Mengetahui alasan anak menyukai gadget


Pertama, orangtua harus tau apa alasan si anak menyukai gadget. Jangan sampai menjadi orangtua yang salah mendidik anak dengan memberikan fasilitas yang lebih dengan alasan untuk memberikan perhatian yang lebih pada anak. Secara perlahan hal ini juga menjadikan anak untuk lari dari realita kehidupan dan anak tidak bisa menghadapi kehidupan sosial dengan baik untuk kedepannya.

  • Mendorong anak untuk melakukan aktivitas outdoor


Mengajak dan mendorong anak untuk melakukan aktivitas di luar rumah, bermain bersama teman – temannya. Melakukan kegiatan outdoor akan membangun kebugaran mental dan fisik pada anak, terutama jika anak bermain dalam kelompok.

  • Membatasi waku bermanin gadget


Untuk anak yang usianya cukup besar, mereka mungkin memang membutuhkan gadget untuk mendukung sistem belajar mereka, seperti mencari bahan untuk tugas sekolah melalui gadget. Orangtua bisa memberikan waktu hal itu, namun dengan membatasinya. Sebaiknya orangtua memberi durasi berapa lama anak memegang gadget dan mengajari anak unutk disiplin menggunakan barang.

  • Sediakan permainan yang melibatkan fisik


Dengan menyediakan permainan yang menuntut anak – anak bermain secara fisik misalnya bermain boneka, lompat tali, menggambar dll. Hal ini akan membuat anak menjadi lebih aktif secara fisik dan bisa bisa lepas dari gadgetnya.

  • Kembangkan Hobi anak


Orangtua perlu mengembangkan minat anak untuk tertarik dalam bidang tertentu. Dengan hobi, anak akan lebih antusias dengan lebih menekuni hobinya daripada menghabiskan waktu dengan gadgetnya.

  • Ajarkan keterampilan pada anak


Keterampilan yang bisa diajarkan anak misalnya olahraga dan keterampilan seni yang dapat membantu fisik motorik dan kognitif anak. Sehingga anak lebih kreatif, aktif dan memiliki hubungan sosial yang baik.

  • Mengajak anak untuk berlibur di alam


Sebaiknya sesekali orangtua mengajak anak untuk lebih dekat dengan alam. Untuk menyadarkan anak bahwa dunia ini sangat indah, dan masih ada banyak hal yang bisa di eksplor selain gadget. Membiarkan anak – anak menikmati waktu bermainnya di alam dan menemukan banyak hal yang belum pernah mereka temukan pada gadget.

Bukannya tidak boleh mengenal lebih dekat dengan teknologi, melainkan alangkah baiknya waktu anak tidak dihabiskan dengan memandangi layar gadget yang dapat merusak interaksinya dengan teman – temannya.

Artikel Terkait

MENCEGAH KETERGANTUNGAN GADGET PADA ANAK.
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email