MENGENALI GEJALA SI KECIL TERSERANG KUTU DAN CARA MEMBASMINYA


Mungkin sangat resah memang jika si kecil tertular kutu saat bermain bersama teman – temannya. Jika hal ini terjadi pada si kecil sebaiknya bunda jangan langsung panik dulu, bisa jadi itu bukan kutu. Orangtua harus mengetahui dan mengenali terlebih dahulu gejala yang terjadi pada anaknya saat si anak memang benar – benar dihinggapi oleh kutu. Jika anak sudah diketahui benar – benar terserang kutu, maka anda baru bisa melakukan langkah selanjutnya untuk membasmi kutu tersebut. Berikut ini beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengenali dan membasmi kutu pada anak.

Beberapa gejala yang ditunjukan oleh anak jika mereka terserang kutu rambut yang paling umum adalah mereka akan menggaruk – garuk kepala. Jika frekuensi menggaruk kepala sudah terlihat semakin sering maka anda harus langsung melakukan pemeriksaan terhadap kepala si kecil.Jika anda memang menemui benda putih seperti garam yang menempel pada rambut, maka kemungkinan anak tersebut terserang kutu rambut. Anda juga perlu memastikan dengan mencari wujud kutu pada kepala si kecil. Karena bisa jadi benda putih yang menempel pada kepala si kecil adalah telur kutu yang hanya menempek pada rambut anak.

Selain hal tersebut, anda juga bisa mengecek bagian leher dan belakang telinga anak. Jika anda menemukan bercak merah, maka sudah dipastikan ada kutu rambut di kepala si kecil. Jika anda sudah melakukan langkah – langkah diatas, maka segeralah untuk melakukan penyembuhan sesegera mungkin. Jangan menunda untuk membasmi kutu – kutu yang terdapat pada kepala si kecil. Karena kutu akan cepat berkembang biak jika tidak segera ditangani dengan pembasmian. Cara membasmi kutu dapat dilakukan dengan berbagai macam cara tradisional sampai cara yang cepat.

Membasmi kutu dengan cara tradisional adalah dengan cara menggosok – gosokan rambut anak setelah keramas dengan handuk putih. Karena dengan handuk putih biasanya kutu tersebut akan menempel pada handuk dan anda bisa membasmi kutu tersebut sau – persatu.

Namun, jika menggunakan cara tersebut hanya akan tidak dapat membuat kutu tersebut tidak dapat hilang secara maksimal. Maka anda bisa menggunakan cara lain, yaitu dengan menggunakan sisir rambut cina atau sisir rambut yang sangat rapat. Dengan sisir ini biasanya kutu akan jatuh secara satu per satu saat disisir. Sediakan juga kain putih untuk mengumpulkan kutu – kutu tersebut hingga kutu tersebut lenyap dari kepala si kecil. Dengan cara ini akan membuat kutu – kutu tersebut lenyap jika dilakukan secara rutin dan terus – menerus.

Jika anda ingin membasmi kutu – kutu tersebut lebih cepat. Anda bisa menggunakan obat pembasmi kutu yang biasa di jual di apotek. Namun dalam penggunaannya harus hati – hati. Karena beberapa obat mengandung bahan keras, sehingga akan membuat kulit kepala si kecil terluka. Lebih baik untuk mengkonsultasikan dulu pada apoteker atau dokter sebelum anda menggunakan obat – obatan itu.

Artikel Terkait

MENGENALI GEJALA SI KECIL TERSERANG KUTU DAN CARA MEMBASMINYA
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email