MENGENALI TANDA – TANDA STRES PADA ANAK USIA DINI


Jika kamu merasa stress biasanya apa yang akan kamu lakukan? Stres yang terjadi pada orang dewasa memang menjadi hal yang umum dirasakan. Namun, bagaimana jika stres terjadi pada anak – anak usia dini?

Kadar stres yang terjadi pada anak – anak tentunya berbeda dengan stres yang dialami oleh orang dewasa pada umumnya. Namun , jika stress yang terjadi pada anak dibiarkan, dan tidak disadari oleh orang tua. Maka kemungkinan anak – anak akan mengalami gangguan kesehatan mental yang lebih serius.

Apa tanda – tandanya jika anak merasa stres?

1. Menangis

Menangis memang hal yang wajar oleh anak – anak. Mereka biasanya akab rewel dan menangis tanpa sebab yang jelas. Hal ini terkadang akan membuat orangtua terpancing emosi pada anak. Sebaiknya orangtua berbicara dengan lembut dan menanyakan pada anak apa yang sedang dirasakan saat itu. Bisa jadi ada sesuatu yang membuat anak merasa tidak nyaman akan hal itu, namun sulit bagi mereka untuk mengungkapkan hal tersebut.

2. Enggan Patuh

Pada saat orangtua merasa kesak karena seringnya anak – anak mengabaikan kata – kata anda atau dengan pura – pura tidak mendengar. Mungkin saja karena anak anak merasa tidak nyaman dan kesal dengan apa yang anda lakukan padanya. Stres bisa terjadi karena ana merasa jenuh dengan banyaknya aturan, tuntutan dan larangan yang diberikan oleh orangtua atau lingkungannya. Karena mereka berpikir hal itu tidak mengerti akan perasaannya, maka anak akan memilih bertingkah cuek dan semaunya sendiri, dengan harapan orangtua mengerti dengan sikapnya.

3. Mendadak Hiperaktif

Kadang – kadang stres yang dialami oleh anak usia dini di ekspresikan dengan cara nakal. Anak kecil yang mengalami stres cenderung akan suka berteriak  dan marah – marah, sengaja menimbulkan kegaduhan atau kekacauan, bersifat sensitif dan agresif. Kebanyakan stres yang dialami oleh anak dengan menunjukan sikap hiperaktif itu karena kurangnya perhatian orangtua terhadap mereka, lingkungan sekolah, atau bisa jadi karena kejenuhan pada suasana atau orang – orang terdekatnya. Mereka melakukan seperti itu agar berharap mereka lebih diperhatikan.

4. Murung

Biasanya ada anak – anak yang terlihat tenang, tidak bertingkah yang neko – neko, namun sebenarnya mereka mengalami stres. Anda bisa mengenali tanda – tandanya dari ekspresi wajah si anak yang sering murung, kurangnya selera makan, tidur yang tidak tenang. Beberapa anak juga mengalami mimpi buruk saat mereka mengalami stres. Sikap dan kebiasaan anak –anak saat stres umumnya akan berubah. Mereka akan cenderung lebih bergantung pada orangtua dan enggan melakukan aktivitas dengan orang lain.

5. Sakit

Mungkin sebagian orang tua mengira anak – anak mereka merasa sakit kepala karena sakit biasa. Namun ternyata anak juga akan merasa sakit kepala jika mereka merasa tertekan. Tidak hanya sakit kepala saja, mereka juga akan merasa sakit perut atau merasa tidak enak badan.

Nah setelah orangtua mengetahui tanda – tanda stres yang dialami oleh anak. Bunda harus bisa lebih mengerti kondisinya jika terjadi perubahan sikap pada anak – anak.

Artikel Terkait

MENGENALI TANDA – TANDA STRES PADA ANAK USIA DINI
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email