PENYAKIT AKIBAT TIDUR TERLALU LARUT MALAM


Orang yang tidur larut malam biasanya akan mudah jatuh sakit. Namun bagaimana jika aktivitas tidur terlalu larut malam itu menjadi kebiasaan yang sudah dilakukan dalam kurun waktu yang lama?

Nah berikut ini beberapa bahaya yang dapat terjadi jika orang melakukan tidur terlalu larut malam :

1. Hormon Insulin dalam tubuh terganggu
Hormon insulin yang bertugas mengontrol kestabilan gula dalam darah akan menjadi kacau. Kondisi seperti ini akan membuat kadar gula dalam darah cepat meningkat dan berpotensi menimbulkan penyakit diabetes

2. Hormon Leptin dalam tubuh terganggu
Hormon leptin merupakan hormon yang bertugas menekan nafsu makan. Jika seseorang kurang tidur maka sistem kerja hormon ini menjadi kacau. 

3. Daya tahan tubuh menurun
Pada saat organ tubuh mengalami gangguan. Maka akan secara otomatis mempengaruhi daya tahan tubuh yang akan semakin melemah.

4. Sel – sel otak berkurang dan menipis
Kurang tidur yang dilakukan selama bertahun – tahun dapat menyebabkan kerusakan pada otak secara permanen berupa berkurangnya sel – sel otak aktif yang membuat otak tidak mampu untuk berfikir cerdas.

5. Menghambat pertumbuhan janin
Untuk ibu hamil yang sering melakukan begadang akan mempengaruhi perkembangan janin yang tidak dapat berkembang dengan normal.

6. Otot tubuh terganggu
Sering melakukan begadang akan membuat otot dalam tubuh tegang dan lelah. Hal ini mengakibatkan rasa pegal dan nyeri yang teramat sangat.

7. Menyebabkan rambut rontok
Kesehatan rambut tidak hanya dengan perawatan rambut dari luar saja. Namun istirahat yang cukup juga mempengaruhi kesehatan rambut. Kurang tidur dapat  menyebabkan menurunnya persediaan minyak alami yang ada dibawah kuit kepala. 

8. Tidak mampu untuk fokus
Kurang tidur dpat membuat seseorang kehilangan konsentrasi dan tidak mampu untuk memfokuskan pada hal – hal yang berbahaya.

9. Resiko terkena sel kanker
Kurang tidur dapat membuat hormon melatonin yang diproduksi dalam tubuh berkurang. Jika hal ini terjadi secara terus – menerus akan memicu tumbuhnya sel kanker. Karena tubuh tak mampu lagi untuk melawan sel – sel kanker tersebut tanpa bantuan hormon melatonin.

10. Tidak dapat berkonsentrasi saat belajar
Kurang tidur akan membuat otot – otot mata dan otak menjadi lelah dan tidak dapat berkonsentrasi dengan baik terhadap apa yang dipelajari di sekolah.

11. Membuat kantung mata menjadi gelap
Kurang tidur dapat membuat aliran darah sekitar mata dan kantung mata terhambat. Sehingga menyebabkan mata menjadi sembab, berwarna gelap dan bengkak.

12. Menyebabkan penuaan dini
Kurang tidur dapat membuat kelembapan alami kulit berkurang, mengganggu kolagen yang terdapat dibawah kulit dan membuat dehidrasi karena kelelahan. Akibatnya akan muncul garis – garis halus pada sekitar area mata.

Artikel Terkait

PENYAKIT AKIBAT TIDUR TERLALU LARUT MALAM
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email