Bahaya Kegemukan Bagi Kesehatan Anak

Bahaya Kegemukan Bagi Kesehatan Anak dan Cara Mengatasinya Kegemukan atau biasa disebut dengan obesitas biasanya dialami oleh orang dewasa. Namun berdasarkan data statistik menunjukkan bahwa obesitas juga dialami oleh anak – anak sampai kondisi yang memprihatinkan. Kurangnya pengetahuan orangtua terhadap tubuh gemuk adalah anak yang sehat dan menggemaskan akan dapat memperparah kondisi anak. 


Obesitas dapat menyebabkan berbagai efek negatif untuk kesehatan. Sekalipun untuk anak – anak yang masih dalam proses pertumbuhan dan masih lugu untuk tidak memahami bahaya ini. Hal ini merupakan tanggung jawab orang tua untuk menjaga anak mereka agar tetap sehat. Orang tua perlu mengetahui apa penyebab obesitas dan bagaimana cara mengatasinya.

Akibat Obesitas

Penyakit yang dapat muncul karena efek obesitas adalah diabetes, penyakit jantung dan darah tinggi. penyakit – penyakit yang biasanya dianggap sebagai penyakit orang dewasa kini bisa memungkinkan terjadi pada anak. Hal ini diakibatkan karena adanya timbunan lemak, gula dalam tubuh, dan kolesterol. selain itu anak juga beresiko terkena gangguan pernapasan dan asma. Anak – anak yang mengalami obesitas juga dapat mengalami kesulitan untuk bergerak dan terganggu proses pertumbuhannya karena adanya timbunan lemak yang berlebihan pada tubuh yang seharusnya dapat berkembang.

Penyebab Obesitas Pada Anak


Faktor genetik
Faktor genetik merupakan faktor keturunan yang didapat dari gen orang tua dan hal ini akan sulit untuk dihindari pada anak.

Makanan ringan dalam kemasan dan makanan cepat saji
Banyaknya restoran cepat saji yang menawarkan berbagai makanan cepat saji merupakan salah satu faktor penyebabnya. Sebagian besar anak – anak lebih menyukai makanan cepat saji di bandingkan dengan makanan yang di masak oleh ibu di rumah. padahal makanan tersebut umumnya memiliki kandungan lemak dan gula yang tinggi yang dapat menyebabkan obesitas. Mungkin dengan alasan orang tua yang sibuk tidak dapat membuat makanan yang sehat untuk anak jadi lebih memilih makanan cepat saji yang praktis.

Minuman ringan
Tidak hanya makanan cepat saji saja yang menimbulkan obesitas, ternyata minuman ringan juga terbukti memiliki kandungan gula yang tinggi  yang dapat meningkatkan berat badan. Dengan rasa yang enak dan segar yang membuat anak – anak menyukai minuman ini.

Kurangnya aktivitas yang melibatkan fisik
Biasanya usia anak – anak merupakan masa bermain yang menyenangkan. Namun seiring dengan perkembangan zaman dan kemajuan teknologi kini anak – anak sekarang lebih memilih bermain dengan gadget di rumah dan enggan untuk bermain yang melibatkan fisik. Hal inilah yang membuat anak kurang melakukan gerak badan dan menimbulkan obesitas.


Solusi Obesitas

  • Memperhatikan makanan yang di konsumsi oleh anak – anak
  • Memberikan sarapan dan bekal makanan saat mereka berangkat ke sekolah
  • Memperbaiki teknik pengolahan makanan
  • Menetapkan aturan makan
  • Batasi anak untuk bermain gadget dan menonton televisi 
  • Menghimbau anak untuk melakukan kegiatan yang melibatkan fisik

Artikel Terkait

Bahaya Kegemukan Bagi Kesehatan Anak
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email