Dampak Buruk Terlalu Banyak Tidur Bagi Kesehatan

Dampak Buruk Terlalu Banyak Tidur Bagi Kesehatan - Kurang tidur dapat mengganggu kesehatan tubuh dan dapat memicu penuaan dini, kurang fokus dan menurunkan sistem kekebalan tubuh. namun ternyata bukan hanya kurang tidur saja yang dapat menimbulkan berbagai masalah, terlalu banyak tidur ternyata juga menimbulkan berbagai masalah kesehatan. 


Tidur adalah salah satu kebutuhan yang paling penting bagi tubuh. dengan tidur, tubuh dan pikiran akan menjadi lebih rileks dan berenergi. Namun bagaimana jika kamu terlalu banyak tidur? Di bawah ini beberapa masalah kesehatan yang akan muncul jika seseorang terlalu banyak tidur.

1. Sakit Kepala

Sakit kepala merupakan salah satu masalah kesehatan yang paling sering terjadi jika seseorang terlalu banyak tidur. Misalnya saja orang yang tidur lebih dari 10 jam setiap hari akan memicu munculnya sakit kepala yang teramat sangat. Dari hasil menyebutkan jika tidur yang terlalu lama akan mempengaruhi neotransmitter tertentu pada otak seperti serotonin. Jika hal ini terjadi maka kepala akan terasa sangat pusing dan sakit.

2. Diabetes

Untuk kamu yang memiliki hobi tidur, cobalah untuk sedikit demi sedikit mengurangi kebiasaan tersebut. Beberapa study menyebutkan jika terlalu banyak tidur akan memicu diabetes. Hasil penelitian yang dilakukan di Amerika menunjukkan bahwa orang yang tidur lebih dari 9  jam perhari memiliki diabetes 50 persen lebih beresiko.

3. Obesitas

Ternyata obesitas tidak hanya terjadi bagi mereka yang suka ngemil dan kurang tidur. Orang yang terlalu lama setiap harinya sangat rentan akan terjadinya obesitas. Apalagi jika mereka sering telat bangun pagi. Tidur cukup antara 7 sampai 8 jam perhari akan membuat kamu terhindar dari resiko obesitas. Pastikan juga untuk memiliki pola hidup sehat seperti minum air putih yang cukup dan olahraga rutin.

4. Depresi

Dalam sebuah penelitian mengungkapkan jika terlalu banyak tidur akan menigkatkan resiko depresi. Para peneliti menemukan jika orang – orang yang mengalami gejala depresi salah satunya adalah mereka yang tidur dalam waktu yang lama. 

5. Mempersulit kehamilan

Efek buruk yang dapat terjadi dari kebiasaan tidur yang terlalu lama adalah kesulitan kehamilan. Pada penelitian yang dilakukan di Korea menemukan jika sekitar 650 wanita yang tidur lebih dari 10 jam perhari mengalami kesulitan untuk mengandung. Sementara mereka yang tidur antara 7 sampai 8 jam, dinyatakan lebih mudah untuk mengandung dan kesehatan tubuh secara keseluruhan dinyatakan baik.

Nah itulah beberapa dampak buruk bagi orang yang memiliki kebiasaan tidur terlalu banyak. Selain efek yang sudah di jelaskan diatas efek buruk lainnya yang mungkin terjadi adalah kerusakan otak, memperburuk kesehatan jantung dan hati, memicu ternjadinya stroke dan bahkan meningkatkan kematian.

Artikel Terkait

Dampak Buruk Terlalu Banyak Tidur Bagi Kesehatan
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email