TIPS MENGATASI BAYI REWEL DAN TERUS MENANGIS


Bayi yang menangis memang hal yang sangat wajar terjadi. Bisa dikatakan, menangis merupakan suatu bahasa yang bisa diungkapkan oleh bayi. Jika bayi menangis secara wajar mungkin masih hal yang biasa dan bisa diterima. Tapi bagaimana jika bayi menangis secara terus – menerus tak mau berhenti pasti hal itu akan membuat jengkel orangtua pastinya.

Jika bayi rewel, menangis dan tak mau diam sebenarnya ada cara efektif yang dapat digunakan untuk mengatasinya. Hanya saja kamu perlu menjadi orangtua yang leih sabar dan tenang ketika menghadapi tangisan bayi. Apa saja cara yang digunakan untuk mengatasi bayi rewel dan menangis? Berikut tips – tips nya.

  • Berikan Susu atau ASI


Salah satu alasan bayi menangis adalah karena mereke merasa lapar dan haus. Untuk itu, pertama yang dapat kamu lakukan adalah dengan memberinya susu atau ASI. Namun jika sang bayi masih terus menangis setelah diberi ASI. Cobalah untuk menenangkan si bayi dengan cara yang lain. Buat bayi merasa nyaman kondisinya, pastikan juga kondisi kebersihan bayi dan tidak ada yang mengganggunya.

  • Menggendong bayi ke tempat yang gelap


Dari beberapa penelitian percaya bahwa membawa bayi ke tempat yang gelap dan tenang akan membuat bayi lebih tenang dan nyaman. Suasana ini cenderung membuat bayi merasa lebih nyaman dan tenang. Usahakan juga menggendong bayi dengan pelukan yang hangat dan tenang.

  • Mendengarkan musik atau bersuara untuk mengalihkan perhatiannya


Dengan memperdengarkan musik dan mengajak bayi berbicara, hal ini dilakukan agar bayi bisa menghentikan tangisannya. Cobalah untuk membuat suara – suara lain seperti bercerita, menyanyi, memperdengarkan suara hewan dan masih banyak lagi lainnya. Dengan cara seperti ini, diharapkan agar bayi teralihkan perhatiannya dan dia bisa menjadi lebih tenang.

  • Pijat tubuh bayi dengan lembut


Cara selanjutnya yang bisa digunakan adalah dengan memijat tubuh si bayi dengan belaian tangan yang lembut. Selain hanya memijatnya kamu juga bisa memberikan sentuhan yang lembut, hangat dan penuh rasa kasih sayang dan ketulusan. Hal ini akan membuatnya lebih tenang.

Nah itulah beberapa tips yang bisa kamu gunakan untuk menenangkan bayi saat bayi rewel dan menangis. Sedikitnya ada empat cara yang bisa kamu lakukan, namun selain cara diatas jika kamu memiliki cara yang bisa membuat si bayi tenang kamu dapat menggunakannya. Misalnya saja dengan menggoyang –goyangkan tubuh bayi secara pelan – pelan, merubah posisi bayi menjadi lebih nyaman, memberikan mainan yang lucu untuknya. 

Intinya perlu kesabaran dan ketelatenan untuk membuat bayi lebih tenang, hindarilah perasaan emosi saat mengatasi bayi menangis. Semoga informasi diatas bermanfaat untuk kamu yang mungkin sedang belajar merawat bayi.

Artikel Terkait

TIPS MENGATASI BAYI REWEL DAN TERUS MENANGIS
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email