MENURUNKAN BERAT BADAN DENGAN BERJALAN KAKI


Mungkin orang yang biasanya sibuk dengan kerja pasti tidak sempat meluangkan waktunya untuk berolahraga. Pada saat pagi waktu untuk bekerja, dan malam hari adalah waktu untuk tubuh beristirahat. Nah mungkin bagi anda yang memiliki jadwal rutinitas seperti itu, olahraga menjadi sebuah hal yang mustahil untuk dilakukan. Namun jika kamu tidak sempat memiliki waktu untuk berolahraga,  kamu dapat memilih alternatif lain yang bisa di coba seperti berjalan kaki.

Jalan kaki bisa disebut juga dengan olahraga
Para peneliti menemukan bahwa olahraga dengan rentan waktu yang sangat pendek, misalnya sekitar beberapa menit saja, jika di total dapat mencapai 30 menit sehari yang memiliki manfaat yang sama dengan olahraga secara continue yang dilakukan selama 30 menit. kedua hal tersebut sebenarnya suatu hal yang sama – sama dapat menurunkan berat badan dan juga dapat menurunkan resiko terkena penyakit jantung. Yang dengan kata lain aktivitas yang dilakukan sedikit – sedikit namun sering, bisa memberikan dampak yang cukup besar. Jalan kaki salah satunya aktivitas yang bisa dilakukan setiap orang dan bisa menyehatkan sekaligus menurunkan berat badan. 

Berjalan kaki secara rutin 10 menit dalam sehari
Meluangkan waktu 10 menit per hari untuk melakukan olahraga jalan kaki. Namun jalan kaki 
yang dilakukan tidak hanya sekedar jalan kaki, ada bebrapa peraturan untuk memperoleh manfaat dari berjalan kaki dengan waktu 10 menit. jadi perlu adanya pemecahan waktu 10 menit dengan perubahan kecepatan jalan kaki yang berbeda – beda.

Seperti pada contoh di bawah ini :

1 menit berjalan kaki dengan kecepatan sedang
1 menit berjalan kaki dengan kecepatan cepat
2 menit berjalan kaki dengan kecepatan lambat
1 menit berjalan kaki dengan kecepatan cepat
2 menit berjalan kaki dengan kecepatan lambat
1 menit berjalan kaki dengan kecepatan lambat

Jalan kaki yang dimaksud dengan kecepatan lambat adalah jalan kaki yang kamu lakukan dengan santai sambil mengobrol dengan teman pada saat berjalan bersama. Jika yang dimaksudkan jalan kaki dengan kecepatan sedang adalah ketika jalan kaki yang masih bisa mengobrol dengan teman tapi dengan irama kaki yang agak sedikit di percepat. Sementara yang dimaksud dengan jalan kaki dengan cepat adalah jalan kaki yang tidak bisa dilakukan dengan mengobrol dengan teman, apabila dilakukan akan sulit dan harus mengatur pernapasan.

Lebih baik untuk melakukan olahraga secara ringan dan tidak membutuhkan waktu yang banyak, tapi tetap dilakukan setiap hari. daripada melakukan olah raga yang terlalu berat namun hanya dilakukan dalam satu bulan sekali. Dengan meluangkan waktu 10 menit setiap harinya merupakan hal yang tidak sulit untuk dilakukan.

Artikel Terkait

MENURUNKAN BERAT BADAN DENGAN BERJALAN KAKI
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email