PENYEBAB AMBEIEN DAN CARA MENGOBATINYA


Ambeien sebenarnya bukanlah jenis sebuah penyakit. Menurut medis ambeien bukanlah sebuah penyakit, melainkan salah satu perubahan pada bantalah pembuluh darah di bagian anus. Adapun perubahan tersebut berupa pelebaran dan pembengkakan pembuluh darah dan jaringan yang ada di sekitar anus. 

Ambeien sebenarnya tidak terlalu berbahaya, hanya saja hal ini ditakutkan jika kondisi ini dibiarkan secara terus – menerus akan membuat peradangan dan bisa menyebabkan infeksi yang berujung komplikasi pada bagian anus.

Gejala yang paling umum terjadinya ambeien adalah terjadinya pendarahan pada anus, kemudian akan terasa ada benjolan pada anus saat duduk dan apalagi setelah melakukan buang air besar, akan terasa ada sesuatu yang keluar dari anaus. Bagian yang keluar tersebut yang di sebut sebagai ambeien atau wasir. Kadang benjolan tersebut akan terasa gatal dan lama – lama kan selalu tergesek dengan celana yang bisa menyebabkan peradangan.

Penyebab Ambeien

Faktor penyebab ambeien sendiri sebenarnya adalah pola hidup yang kurang sehat. Kebanyakan terjadi karena kebiasaan jongkon yang terlalu lama dan buang air besar yang terlalu lama. Hal itu disebabkan karena kurangnya asupan serat pada tubuh yang membuat buang air besar menjadi susah. Untuk wanita biasanya bisa disebabkan oleh kehamilan, karena akan ada perubahan hormonal yang terjadi, biasanya pada proses kehamilan anus wanita akan mengalami berbagai macam kontraksi. Penyebab lainnya adalah karena diare atau sembelit yang bertahun – tahun.

Cara Mengobati Ambeien

Setelah kamu mengetahui penyebab ambeien, kamu bisa mencari cara untuk mengobatinya. Cara yang paling ekstrim mengobati ambeien adalah dengan jalan operasi. Karena dengan operasi, bagian anus yang keluar tersebut akan di potong dan tidak akan mengganggu lagi. Tapi jika ambeien masih bisa diobati lebih baik untuk mengobatinya terlebih dahulu. Karena jalan operasi yang mahal dan menyakitkan.

Sebenarnya ada beberapa obat alami yang bisa mengobati ambeien, seperti dengan menggunakan daun jambu biji, daun pegagan, lidah buaya, daun ungu, kulit manggis, daun sirsak dan jeruk nipis. Cara penggunaannya pun cukup mudah. Kamu hanya cukup mengkonsumsi air rebusan daun – daun tersebut. Untuk memperoleh hasil yang maksimal kamu harus mengkonsumsinya secara rutin.

Cara lainnya yang bisa digunakan adalah dengan menerapkan pola hidup sehat. 

1. Mengkonsumsi makanan yang memiliki banyak kandungan serat seperti buah dan sayuran 
2. Mengkonsumsi air putih minimal 8 gelas sehari
3. Berolahraga secara teratur dan jangan terlalu lama duduk
4. Menghindari alkohol
5. Jangan sering menahan buang air kecil maupun besar
6. Jangan berlama – lama saat buang air besar

Nah itulah beberapa penyebab dan cara mengobati ambeien. Semoga bisa bermanfaat untuk orang yang memiliki ambeien  maupun yang tidak memiliki ambeien agar bisa mengatur pola hidup mereka dengan benar agar terhindar dari ambeien.

Artikel Terkait

PENYEBAB AMBEIEN DAN CARA MENGOBATINYA
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email