Akibat Kekurangan Cairan Otak Bagi Kesehatan

Akibat Kekurangan Cairan Otak Bagi Kesehatan - Jaringan otak 80% berbentuk cairan. Cairan otak sering disebut cairan serebrodpinal (CSS), cairan otak hampir menyerupai cairan plasma. Pada orang dewasa memiliki volume cairan otak rata – rata 52 sampai 162 ml. cairan otak sangat diperlukan untuk sistem kerja dan perkembangan otak. Jadi jangan sampai kandungan cairan otak dalam tubuh kekurangan. Karena hal ini bisa menimbulkan efek buruk untuk kesehatan sistem saraf otak dan kesehatan tubuh lainnya.


1. Otak Terkena Benturan

Setiap hari manusia selalu bergerak. Semua anggota tubuh juga bergerak termasuk kepala juga bergerak. Otak memerlukan pelindung dari benturan akibat pergerakan kepala. Yang melindungi otak dari benturan adalah cairan otak. Jika cairan otak kurang maka jika seseorang mengalami benturan maka dapat berujung pada kerusakan otak.


2. Menghambat Sirkulasi Darah Dalam Otak

Kekurangan cairan otak akan berpengaruh pada kelancaran sirkulasi darah. Hal ini terjadi karena aliran darah akan tersumbat dan menimbulkan gangguan pada otak. Dengan tersumbatnya aliran darah maka akan menyebabkan kekurangan oksigen dan membuat fungsi kerja otak menurun.


3. Menyebabkan Kepikunan

Oksigen yang dibawa dalam darah menuju otak memerlukan pasokan oksigen yang cukup. Adanya cairan otak akan mempermudah aliran darah ke otak. Jika otak kekurangan cairan maka peredaran darah terganggu. Hal ini membuat otak menghapus memori seseorang.


4. Melemahkan Kekebalan Otak

Cairan otak juga berfungsi untuk mendeteksi organisme pengganggu pada otak, yang akan melawan kuman atau pun bakteri yang masuk dalam otak. jika cairan otak kekurangan maka otak juga akan mudah untuk terserang penyakit.

5. Ukuran Otak Menjadi Kecil

Tanpa adanya cairan otak, maka otak akan mendapat tekanan secara terus menerus. Dan apabila tidak ada yang melindungi maka otak akan menjadi kecil dan fungsinya juga menurun.


6. Penumpukan Racun Dalam Otak

Jika otak kekurangan cairan, maka yang terjadi adalah racun – racun yang ada dalam otak berkumpul dan akan menimbulkan kerusakan otak.

7. Mengganggu Sistem Saraf

Kehadiran cairan otak akan membantu sistem kerja saraf untuk bekerja secara efektif dan maksimal. Namun jika cairan dalam otak kurang maka sistem saraf akan bekerja lebih keras dan mengalami kontraksi secara terus menerus dan dapat menurunkan sistem kerja saraf.

8. Timbulnya Penyakit Alzheimer

Penyakit Alzheimer adalah salah satu penyakit lupa yang tidak dapat disembuhkan. Hal ini disebabkan karena kinerja memori jangka panjang dan memori jangka pendek menurun. 

9. Menurunkan Konsentrasi

Jika cairan otak kurang, maka konsentrasi otak juga menurun. Hal ini disebabkan karena pasokan zat – zat baik tersumbat pada pertengahan jalan.

10. Melemahkan Kecerdasan

Cairan otak yang kurang juga berpengaruh terhadap tingkat kecerdasan otak yang menurun. Karena otak sering mengalami benturan , kekurangan oksigen dan zat – zat baik lainnya.

Artikel Terkait

Akibat Kekurangan Cairan Otak Bagi Kesehatan
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email