Mengatasi Susah BAB Pada Bayi Dengan Buah Pisang

Mengatasi Susah BAB Pada Bayi Dengan Buah Pisang - Mengasuh bayi bisa dibilang gampang – gampang susah untuk seorang ibu. Memang menyenangkan memang melihat kelucuan, ekspresi dan gerakan bayi yang menggemaskan sari bayi, tapi jika sudah muncul masalah kesehatan pada bayi seketika akan merenggut kesenangan tersebut. Menangani bayi yang mengalami masalah kesehatan tidak bisa dilakukan secara sembarangan. Organ tubuh bayi yang masih sangat lunak dan rentan membuat Bunda harus lebih berhati – hati untuk memberikan pertolongan kesehatan untuk bayinya.


Salah satu masalah yang paling sering muncul pada bayi adalah masalah sulit buang air besar atau bisa disebut dengan konstipasi. Masalah ini bisa disebabkan oleh beberapa hal, misalnya saja seperti susu yang dikonsumsi bayi tidak cocok dengan bayi dan susu terlalu kental. Nah untuk menangani masalah ini, Bunda sebaiknya untuk melakukan pertolongan pertama untuk kesehatan bayi dengan bahan – bahan alami.

Buah pisang adalah salah satu buah yang paling bermanfaat untuk mengatasi masalah konstipasi, diare dan masalah pencernaan lainnya. Buah pisang mudah didapat dan harganya juga sangat murah. Jika ditinjau dari manfaat kesehatannya, buah pisang memiliki manfaat untuk membantu pencernaan bayi. Buah ini bisa diberikan untuk bayi untuk bayi sekitar umur 6 bulan atau bayi yang memang sudah siap untuk mengkonsumsi makanan yang semi padat. 

Orang tua dapat memberikannya pada bayi dengan cara menghaluskan buah pisang, jika bayi belum bisa mengunyahnya dan belum tumbuh giginya. Tekstur yang lembut dan berair pada buah pisang dapat membantu bayi mengunyah dan mencernanya. Selain itu, pisang juga memiliki kandungan serat yang juga bermanfaat untuk melancarkan proses pencernaan pada usus bayi.

Tidak hanya itu saja, buah pisang juga sangat kaya akan kandungan potassium, magnesium dan kalsium. Kandungan potassium sangat bermanfaat untuk pertumbuhan dan perkembangan otot – otot bayi dan kestabilan jantung bayi. Sedangkan magnesium bermanfaat untuk membantu pertumbuhan tulang bayi.

Yang perlu orangtua perhatikan adalah buah pisang yang diberikan pada bayi haruslah buah pisang yang matang. jangan sampai memberikan buah pisang yang mentah ataupun setengah matang pada bayi. Pastikan juga buah pisang yang diberikan juga warnanya kuning matang dan teksturnya sangat lembut.

Selain itu, jangan memberikan asupan buah pisang pada bayi pada saat musim dingin atau musim hujan. Karena hal ini akan menyebabkan batuk dan demam. Buah pisang sebaiknya diberikan pada saat musim panas. Karena kandungan nutrisi pada buah pisang dapat menstabilkan temperature yang diserap tubuh saat cuaca panas.

Pisang memanglah sangat bermanfaat untuk mengatasi gangguan pencernaan bayi, khususnya masalah konstipasi maupun diare. Namun, bunda juga harus cermat dalam memilih buah pisang yang tepat untuk si kecil dan harus tau kapan waktu yang tepat untuk memberikannya.

Artikel Terkait

Mengatasi Susah BAB Pada Bayi Dengan Buah Pisang
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email